Surat Pendek Al Quran

bacaan surat pendek

Al-Qur’an terdiri dari 114 surat, sebagian surat ada yang panjang dan ada yang pendek. Surat yang panjang terletak di awal juz seperti Surat Al-Baqarah.

Sedangkan surat surat pendek terletak di akhir juz atau terletak di juz ke-30, seperti Surat An-nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas,  Al-Lahab, An-Nashr, dan lain sebagainya.

Banyak anak kecil yang sudah hafal surat pendek Al-Qur’an, sebab saat di sekolah maupun di pengajian surat pendek ini di jadikan materi hafalan mereka.

Beberapa dari surat-surat pendek ada yang memiliki keutamaan, salah satunya surat Al-Ikhlas ketika dibaca sebanyak tiga kali, maka sama saja khatam satu kali Al-Qur’an.

Bacaan Surat Pendek Al Qur’an

Para imam sholat terkadang membaca surat surat pendek ketika mengimami makmumnya. Selain surat pendek biasanya imam sholat juga membaca surat yang panjang.

Surat yang panjang biasanya digunakan pada saat mengimami sholat subuh. Adapun surat yang panjang yaitu seperti Surat Al-Kahfi, Surat Ar-Rahman, dan lain-lain.

Bacaan surat pendek biasanya digunakan sebagai surat untuk sholat wajib atau sholat lima waktu dan untuk sholat sholat sunnah, seperti sholat dhuha atau sholat hajat.

Surat surat pendek terletak pada juz 30 atau sering disebut Juz Amma yang terdiri dari 37 nama surat yang dimulai dari surat An-Naba dan diakhiri dengan surat An-Nas.

Dan surat surat yang ada di dalam Juz 30 atau Juz ‘Amma ada 34 surat yang di turunkan di kota Mekah, dan 3 surat yang di turunkan di kota Madinah.

Surat yang di turunkan di kota Mekah disebut surat Makkiyah, sedangkan surat yang diturunkan di kota Madinah disebut surat Madaniyah.

Adapun nama surat yang di turunkan di kota Madinah atau yang tergolong surat Madaniyah adalah surat Al Bayyinah, surat Al Zalzalah, dan surat An Nashr.

Selain ketiga surat tersebut yang ada didalam Juz 30 merupakan surat yang di turunkan di kota Mekah atau tergolong surat Makkiyah salah satunya seperti surat An-Naziat dan lain sebagainya.

Jika anda sudah menghafalkan surat surat pendek yang ada pada juz 30, anda juga dapat menghafalkan surat yasin sebagai hafalan tambahan.

Dan biasanya para penghafal Qur’an setelah menghafalkan surat surat pendek mereka melanjutkan hafalannya dari surat Al Fatihah kemudian Surat Al Baqarah dan seterusnya.

Di artikel ini kami akan membagikan beberapa bacaan surat pendek yang terdapat pada juz 30, beserta sedikit penjelasannya.

Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah adalah ibunya atau induknya Al Qur’an, surat Al Fatihah terdiri dari 7 ayat, surat ini diturunkan di Kota Mekah yang tergolong surat Makkiyah.

Disebut induknya Al Qur’an sebab isi surat Al Fatihah mengandung atau mencakup semua isi dari surat surat yang ada didalam Al Qur’an.

Dinamakan Al Fatihah yang berarti “pembuka” karena surat Al Fatihah berada di urutan pertama dalam surat Al qur’an atau di mulainya Al Qur’an.

Surat Al Fatihah merupakan surat yang pertama kali diturunkan dengan ayat yang lengkap. Adapun surat yang pertama kali diturunkan adalah surat Al Alaq 1-5.

Ketika umat muslim melaksanakan sholat, baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah surat Al Fatihah wajib untuk dibaca kemudian di lanjutkan membaca surat lainnya.

Sebab ketika melaksanakan sholat kemudian tidak membaca surat Al Fatihah, maka sholat nya dihukumi tidak sah atau tidak sempurna.

Surat Al Qori’ah

Surat Al Qori'ah

Surat Al Qori’ah tergolong surat Makkiyah yang berarti surat ini di turunkan di kota Mekah. Surat Al Qori’ah diturunkan setelah surat Quraisy.

Surat ini termasuk surat surat pendek yang terdapat pada Juz ‘Amma. Tepatnya surat Al Qari’ah berada diurutan surat ke-101 dalam Al Qur’an.

Surat Al Qari’ah terdiri dari 11 ayat yang berisi tentang peristiwa terjadinya hari kiamat, yaitu seperti di timbangnya amal perbuatan manusia, gunung-gunung saling bertabrakan, dan lain sebagainya.

Di beri nama Al Qari’ah sebab di ambil dari ayat pertama surat ini yaitu yang berbunyi “الْقَارِعَةُ” yang memiliki arti “mengguncang atau menggebrak”.

Maksud dari kata “mengguncang” adalah untuk hari kiamat, yaitu hari kiamat yang mengguncang kan hati manusia dengan keseraman nya.

Surat At Takatsur

surat At Takatsur

Para imam sholat terkadang membaca surat At Takatsur pada saat mengimami makmumnya, anda juga dapat membaca surat At Takatsur ketika melaksanakan sholat.

Ketika membaca surat surat pendek dalam keadaan sholat supaya benar benar khusyu’ membacanya termasuk membaca surat At Takatsur.

Sebab ketika seseorang melaksanakan sholat itu berarti dia sedang berkomunikasi kepada Allah SWT. Jadi sebaiknya anda benar dalam melafatkan bacaan sholatnya.

Surat At Takatsur memiliki arti “bermegah-megahan”, dinamai At Takatsur sebab diambil dari penggalan ayat pertama yang berbunyi “أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ“.

Surat At Takatsur terdiri dari 8 ayat, surat ini termasuk surat Makkiyah yang diturunkan di kota Mekah. Surat ini memasuki urutan surat ke-102 dalam Al Qur’an.

Surat Al ‘Ashr

Surat Al Ashr

Surat Al ‘Ashr termasuk surat surat pendek dengan jumlah 3 ayat, surat Al ‘Ashr biasanya dibaca ketika akan pulang sekolah oleh para murid.

Sebab surat Al ‘Ashr memiliki arti yang berisi tentang pesan setelah selesai beraktivitas disekolah. Adapun arti dari surat Al ‘Ashr yaitu;

“Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran”.

Setelah membaca arti dari surat Al ‘Ashr dapat kita ambil kesimpulan bahwa seorang guru telah memberi nasihat kepada muridnya yang berisi.

Semoga ilmu yang telah diberikan bisa diterima tanpa sia sia dan semua pelajaran yang telah dipelajari supaya diingat serta dapat berguna sepanjang waktu.

Untuk itu sudah banyak anak anak sekolah yang hafal dengan surat Al ‘Ashr, sebab sebelum pulang mereka membacanya bersama sama.

 

Surat Al Humazah

Surat Al Humazah

Surat Al Humazah menjelaskan tentang ancaman Allah kepada orang-orang yang senang mencela orang lain, senang mengumpat dan senang mengumpulkan harta namun tidak mau bersodaqoh dijalan Allah SWT.

Adapun ancaman Allah SWT terhadap orang orang tersebut diatas adalah mereka akan dimasukkan kedalam neraka khutomah yang apinya akan membakar sampai kehati.

Surat Al Humazah tergolong surat surat pendek yang diturunkan di kota Mekah yang termasuk dalam surat Makkiyah dan terdiri dari 9 ayat.

Di sebut surat Al Humazah sebab diambil dari kalimat ayat pertama yang berbunyi “وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ“. Dan arti dari surat Al Humazah adalah pengumpat.

Surat Al Humazah memasuki urutan surat ke-104 didalam Al Qur’an dan surat ini berada di dalam Juz ‘Amma atau Juz 30.

Surat Al Fiil

Surat Al Fiil

Ketika melaksanakan sholat setelah membaca surat Al Fatihah maka anda membaca surat lainnya baik yang panjang seperti surat yasin atau yang pendek seperti surat Al Fiil.

Surat Al Fiil merupakan surat surat pendek yang berjumlah 5 ayat, surat Al Fiil termasuk surat Makkiyah yang diturunkan setelah surat Al Kafirun.

Surat Al Fiil menduduki urutan surat ke-105 dalam Al Qur’an yang terletak didalam Juz 30 atau Juz ‘Amma.

Diberi sebutan surat Al Fiil sebab diambil dari ayat pertama yang berbunyi “أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ“. Al Fiil memiliki arti gajah.

Surat Al Fiil menceritakan tentang kegagalannya raja Abrahah (seorang raja yaman) dan 60.000 tentaranya untuk menghancurkan Ka’bah.

Di dalam tentara tersebut terdapat 13 ekor gajah dan ada yang menjelaskan pula 9 ekor gajah yang membantu raja Abraha.

Surat Al Quraisy

Surat Al Quraisy

Surat Al Quraisy termasuk salah satu surat surat pendek yang ada didalam Juz ‘Amma atau Juz 30, mungkin sebagian besar dari kalian sudah menghafalnya.

Surat Al Quraisy terdiri dari 4 ayat yang menceritakan tentang kehidupan orang orang Quraisy dan menerangkan kewajiban yang harus mereka laksanakan.

Orang orang Quraisy atau kaum Quraisy merupakan suatu kaum yang mendapatkan kepercayaan untuk menjaga dan melindungi Ka’bah.

Surat Al Quraisy diturunkan di kota Mekkah sehingga surat ini tergolong surat Makkiyah. Surat Al Quraisy menduduki urutan surat ke-106 dalam Al Qur’an.

Salah satu isi kandungan surat Al Quraisy adalah mengingatkan kepada kaum Quraisy (umat muslim) untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan.

Surat Al Ma’un

Surat Al Ma'un

Surat Al Ma’un terdiri dari 7 ayat, surat ini menduduki urutan surat yang ke-107 dalam Al Qur’an. Surat Al Ma’un terletak pada Juz terakhir atau Juz ‘Amma.

Disebut surat Al Ma’un sebab diambil dari penggalan ayat terakhir yang berbunyi “وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ“, Al Ma’un memiliki arti “hal hal berguna”.

Surat Al Ma’un menjelaskan tentang ancaman bagi orang orang yang mendustakan agama. Salah satunya seperti orang orang yang senang menganiaya anak yatim.

Dan didalam surat Al Ma’un juga menerangkan tentang ciri ciri orang yang mendustakan agam Allah SWT atau mendustakan agama Islam.

Dan ciri ciri orang tersebut adalah orang yang tidak mau membantu orang orang miskin, orang yang lalai dalam sholatnya, orang yang riya’.

Kemudian orang yang suka dipuji ketika melakukan sesuatu hal. Kita sebagai umat muslim supaya banyak berdo’a agar tidak memiliki sifat sifat tersebut diatas.

Surat Al Kautsar

Surat Al Kautsar

Surat Al Kautsar memiliki arti “nikmat yang banyak” dinamai  surat Al Kautsar sebab diambil dari kalimat pertama yang berbunyi “إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ” .

Surat Al Kautsar terdiri dari 3 ayat dan termasuk surat surat pendek yang ada pada Juz ‘Amma. Sudah banyak anak anak yang dapat menghafalkan surat Al Kautsar.

Surat ini memasuki urutan surat yang ke-108 dalam Al Qur’an, surat Al Kautsar juga termasuk surat terpendek diantara surat lainnya yang ada didalam Al Qur’an.

Yang dimaksud surat terpendek adalah surat ini memiliki jumlah ayat yang sedikit. Dan untuk surat yang panjang yaitu seperti surat Al Mulk dengan jumlah ayat yang banyak.

Dan surat Al Kautsar merupakan surat Makkiyah yaitu surat yang diturunkan di kota Mekkah. Sebab ada beberapa surat yang diturunkan dikota Madinah.

Surat Al Kafirun

Surat Al Kafirun

Sebelum surat Al Kafirun diturunkan ada beberapa hal yang telah terjadi yaitu pada saat Rosulallah SAW berdakwah untuk menyebarkan agama islam,

Beliau mendapatkan rintangan yaitu kaum Quraisy tidak mau mengikuti ajarannya. Dari situ kaum Quraisy selalu berusaha untuk menggagalkan dakwah Rosulallah SAW.

Kemudian kaum Quraisy memberi penawaran kepada Rosulallah SAW, yaitu jika Rosulallah mau menyembah Tuhan mereka maka mereka akan menyembah Tuhan sesuai kaidah islam.

Setelah hal itu terjadi Allah SWT berfirman yang isi nya surat Al Kafirun ayat 1 sampai 6 yang bertujuan untuk menjawah tawaran kaum Quraisy terhadap Rosulallah SAW.

Surat Al Kafirun terdiri dari 6 ayat, surat ini tergolong surat Makkiyah (diturunkan di kota Mekkah) dan menduduki urutan surat ke-109 dalam Al Qur’an.

Surat An Nasr

Surat An Nasr

Surat An Nasr termasuk dalam kategori surat terpendek yang ada didalam Al Qur’an. Sama seperti surat Al ‘Ashr atau surat Al Kautsar yang memiliki jumlah 3 ayat.

Surat An Nasr merupakan salah satu surat Madaniyah yang menandakan bahwa surat An Nashr diturunkan di kota Madinah.

Surat An Nashr tergolong surat surat pendek yang terletak pada Juz ‘Amma. Surat ini memasuki urutan surat yang ke-110 dalam Al Qur’an.

Surat An Nashr berati “pertolongan” dan didalam surat ini menjelaskan tentang pertolongan Allah SWT pasti benar dan kemenangan islam akan datang.

Sebagai umat muslim anda supaya percaya bahwa janji Allah SWT itu haq atau benar, surat An Nasr ini dapat menambah keimanan kita terhadap janji Allah.

Surat Al Lahab

Surat Al Lahab

Sebagian besar dari kalian mungkin sudah hafal dengan surat Al Lahab, surat Al Lahab disebut juga dengan surat Al Masad.

Surat Al Lahab atau Al Masad termasuk dari surat surat pendek dengan jumlah 5 ayat yang ada pada Juz terakhir atau Juz ‘Amma.

Di namakan surat Al Lahab sebab diambil dari kalimat surat ini yang terletak pada ayat 3. Yang berbunyi “سَيَصْلَىٰ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ” Al Lahab memiliki arti “gejolak api”.

Surat Al Lahab menduduki urutan surat ke-111 dan tergolong surat Makkiyah, sebab surat ini diturunkan di kota Mekkah.

Surat ini menceritakan tentang kisah pamannya Nabi Muhammad SAW dan istrinya yang diancam siksa api neraka, sebab dia tidak mau beriman.

Nama pamannya Nabi Muhammad SAW adalah Abu Lahab dan nama istri pamannya Nabi Muhammad adalah Ummu Jamil.

Surat Al Ikhlas

Surat Al Ikhlas

Surat Al Ikhlas terdiri dari 4 ayat surat Al Ikhlas termasuk surat Makkiyah dan termasuk surat surat pendek yang ada pada Juz ‘Amma.

Anak-anak kecil sudah banyak yang hafal dengan surat ini, dan biasanya mereka menyebut surat Al Ikhlas dengan sebutan surat “kul hu,,,”

Dan ada beberapa keutamaan yang dimiliki oleh surat Al Ikhlas. Salah satunya adalah jika membaca surat Al Ikhlas sebanyak 3 kali maka sama saja khatam satu kali Al qur’an.

Surat Al Ikhlas memiliki arti “memurnikan keesaan Allah SWT” dan surat Al Ikhlas memasuki urutan surat ke-112 dalam Al Qur’an.

Isi kandungan dari surat Al-Ikhlas salah satunya adalah menegaskan kepada umat muslim bahwa Allah itu hanya satu dan tidak ada mahkluk yang bisa menyamai-Nya.

Surat Al Falaq

Surat Al Falaq

Surat Al Falaq merupakan surat Makkiyah yaitu surat yang diturunkan dikota Mekkah, surat Al Falaq memiliki jumlah 5 ayat.

Biasanya anak-anak yang menghafalkan surat ini selalu mengeluh, sebab di dalamnya terdapat ayat yang sedikit rumit untuk di hafalkan.

Di namakan surat Al Falaq sebab diambil dari penggalan ayat pertama yang berbunyi “قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ” Al Falaq memiliki arti “waktu subuh”

Isi yang terkandung didalam surat Al Ikhlas adalah mengingatkan kepada umat manusia agar selalu meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Yaitu meminta perlindungan kepada Allah SWT dalam menghadapi keburukan atau cobaan yang tampak maupun yang tersembunyi

Surat An Nas

Surat An Nas

Surat An Nas memiliki arti “manusia” disebut surat An Nas sebab diambil dari kalimat An Nas yang selalu diulang ulang dalam setiap ayat.

Surat An Nas memiliki jumlah 6 ayat dan surat ini dijadikan sebagai surat penutup dalam Al Qur’an. Sebab surat ini terletak di akhir Juz 30 atau Juz ‘Amma.

Surat ini memasuki urutan surat ke-114 dalam Al Qur’an surat ini termasuk surat Makkiyah yaitu surat yang diturunkan dikota Mekkah.

Surat An Nas berisi tentang anjuran agar manusia meminta perlindungan kepada Allah SWT. Dari pengaruh hasutan syaitan yang ingin menyelinap di dalam diri.

Dan umat muslim dianjurkan untuk membaca surat An Nas, Al Falaq, dan Al Ikhlas masing masing sebanyak 3 kali. Sebab itu sunnah Rosulallah SAW.

Download Surat Pendek Al Qur’an Mp3

Bagi anda yang ingin memiliki bacaan surat pendek Al Qur’an dalam bentuk file Mp3, bisa langsung mendownloadnya di bawah ini.

No.Nama SuratLink Download
001Al FatihahDownload
101Al QaariahDownload
102At TakatsurDownload
103Al AshrDownload
104Al HumazahDownload
105Al FilDownload
106Al QuraisyDownload
107Al MauunDownload
108Al KautsarDownload
109Al KaafirunDownload
110An NasrDownload
111Al LahabDownload
112Al IkhlasDownload
113Al FalaqDownload
114An NaasDownload

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan hari ini, semoga bermanfaat dan berguna bagi seluruh umat islam. Terima kasih!

Surat An Nas

Nurul Fadilah
3 min read

Surat Al Kahfi

Nurul Fadilah
5 min read

Surat Ali Imran

Nurul Fadilah
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *