Nurul Fadilah Seorang penulis konten untuk blog Quranlite.id yang sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Surat At Tin

Surat At Tin

Download Surat At Tin Mp3 – Tahukah anda, dizaman sekarang ini banyak umat muslim yang seolah-olah tidak tertarik dengan surga. Kebanyakan dari mereka hanya mengikuti hawa nafsu, sehingga melupakan kenikmatan yang ada di dalam surga.

Padahal sudah dijelaskan di dalam Al-Qur’an tentang gambaran kenikmatan yang ada di dalam surga dan surga adalah tempatnya segala kenikmatan. Oleh karena itu kita sebagai umat muslim jangan terlena dengan kehidupan dunia yang sementara.

Adapun cara kita untuk masuk surga salah satunya adalah dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Karena orang yang membaca Al-Qur’an dengan rutin, maka dia akan mendapat kebaikan yang berlipat ganda dari sisi Allah.

Pengertian Surat At Tin

Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi orang yang beragama islam. Al-Qur’an berisi tentang firman-firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW yang diperantarai oleh Malaikat Jibril. Al-Qur’an diturunkan secara bertahap yaitu selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.

Al-Qur’an terdiri dari 114 nama surat dan surat yang pertama kali diwahyukan kepada Rosulallah SAW adalah Surat Al ‘Alaq ayat 1 sampai 5. Akan tetapi topik pembahasan artikel kami kali ini bukanlah surah Al ‘Alaq melainkan Surat At Tin yang terletak pada Juz 30.

Surat At Tin merupakan salah satu nama surat yang diturunkan di Kota mekkah yaitu sebelum Rosulallah SAW hijrah ke Kota Madinah. Sehingga surat At Tin termasuk golongan surat Makkiyah, sama seperti Surat Al Insyirah yang diturunkan di Kota Mekkah.

Surat At Tin diturunkan setelah surat Al Buruj dan surat At Tin memasuki urutan surat yang ke-95 dalam Al-Qur’an, yang terdiri dari 8 ayat. Dinamakan surat At Tin, karena diambil dari penggalan ayat pertama yang ada di dalam surat tersebut.

Selain membahas tentang pengertian surat At Tin, pada kesempatan kali ini kami juga membagikan murottal surat At Tin beserta isi kandungannya. Bagi anda yang senang mendengarkan murottal Qur’an, anda bisa langsung download surat At Tin untuk melengkapi murottal yang anda miliki.

Dalam bahasa Arab surat At Tin berarti “Buah Tin” dan di dalam surat At Tin menjelaskan sumpah Allah tentang 4 tempat suci bagi orang iman. Yang pertama adalah Tin, sebagian ulama telah berpendapat bahwa Tin merupakan tempat diutusnya Nabi Nuh AS.

Yang ke-dua adalah Zaitun yaitu tempat kelahiran Nabi Isa AS, yang ke-tiga adalah Gunung Sinai yaitu tempat Nabi Musa AS menerima wahyu dari Allah secara langsung. Dan yang ke-empat adalah Mekkah yaitu tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang isi yang terkandung di dalam surat At Tin. Anda bisa melanjutkan membaca isi kandungan surat At Tin yang telah kami sediakan. Disitu terdapat isi kandungan surat At Tin lengkap mulai dari ayat 1 sampai 8.

Download Surat At Tin

Sebelum anda membaca isi kandungan surat At Tin, alangkah baiknya jika anda mengetahui bacaan surat At Tin terlebih dahulu. Karena kami telah membagikan murottal surat At Tin yang dibacakan oleh beberapa qori’ terbaik di dunia.

Bagi anda yang sedang mencari lagu untuk membaca Al-Qur’an, maka sangat cocok untuk mencari nada bacaan pada artikel kami. Anda bisa download surat At Tin yang dibacakan oleh qori’ yang disukai, kemudian mendengarkan murottal tersebut secara terus menerus.

Karena dengan mendengarkan murottal secara terus menerus, maka lama-lama anda akan bisa menirukan nada bacaan tersebut. Jika anda merasa bacaan surat At Tin kurang panjang, maka anda bisa mendengarkan murottal Surat Al Kahfi pada website kami.

Terdapat dua versi murottal Al-Qur’an yang dibagikan oleh beberapa media, yaitu murottal versi anak-anak dan murottal versi dewasa. Salah satu murottal versi anak-anak adalah murottal yang dibacakan oleh qori’ cilik yaitu seperti Ahmad Saud atau Muhammad Thaha Al Junayd.

Salah satu murottal versi dewasa adalah murottal yang dibacakan oleh Misyari Rasyid, Muhammad Ayyub, dan para qori’ lainnya. Jika anda ingin memiliki murottal yang dibacakan oleh para qori’ tersebut anda bisa langsung download surat At Tin berikut ini.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat At Tin By Abdullah Al MatroodDownload
Ngaji Surat At Tin By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat At Tin By Ahmed SaoudDownload
Tilawah Surat At Tin By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat At Tin By Muhammad AyyubDownload
Surat At Tin Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat At Tin By Hani Ar RifaiDownload
Mp3 Surat At Tin By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat At Tin By Salah BukhatirDownload
Surat At Tin Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Itulah murottal surat At Tin yang dilantunkan oleh beberapa qori’ terbaik dan sedang populer di akun youtube. Barangkali ada nada bacaan yang sesuai dengan keinginan anda, jadi anda bisa langsung mendownloadnya dengan cara klik link “Download” di atas.

Isi Kandungan Surat At Tin

Setelah membagikan murottal surat At Tin, selanjutnya kami membagikan isi kandungan yang ada di dalam surat tersebut. Karena dengan mengetahui isi kandungan dari sebuah surat yang ada di dalam Al-Qur’an maka akan sangat bermanfaat.

Dan jika anda belum download surat At Tin yang telah kami bagikan diatas, maka tidak ada salahnya jika anda melanjutkan membaca isi kandungan di dalam surat tersebut. Karena setiap surat yang ada di dalam Al-Qur’an memiliki isi kandungannya masing-masing.

Dengan mengetahui isi kandungan surat At Tin, juga dapat menambah pengetahuan anda dalam agama islam. Karena di dalam surat tersebut berisi tentang beberapa kisah tempatnya para Nabi di zaman dahulu, yaitu Nabi Isa AS, Nabi Nuh AS, Nabi Musa AS, dan Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu anda bisa langsung membaca isi kandungan surat At Tin lengkap mulai dari ayat 1 sampai ayat 8 dibawah ini. Semoga anda bisa memahaminya dengan mudah dan bisa mengambil pelajaran serta hikmah yang ada di dalam surat tersebut.

Ayat 1 sampai 3

Allah telah bersumpah di dalam surat At Tin ayat 1 sampai 3 yang isinya “Demi tin dan zaitun (keduanya merupakan jenis buah-buahan masyhur). Demi Gunung sinai dan Demi kota yang aman ini (Kota Mekkah)”.

Sebagian para Ulama’ berpendapat bahwa Tin merupakan suatu tempat yang ditinggali oleh Nabi Nuh AS, yaitu di Damaskus. Di wilayah tersebut ada banyak tanaman buah tin yang tumbuh.

Sedangkan Zaitun merupakan tempat kelahiran Nabi Isa AS (Anak laki-lakinya Maryam), yaitu bertempat di Baitul Makdis atau Palestina (Yarussalem). Gunung Sinai merupakan tempatnya Nabi Isa AS berbicara langsung dengan Allah dan tempat nabi Isa AS menerima wahyu (Kitab Injil).

Selanjutnya Mekkah merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW, dan Beliau merupakan Nabi penyempurna akhlak. Oleh karena itu diturunkannya kitab suci Al-Qur’an itu sebagai penyempurna kitab sebelumnya.

Ayat 4 sampai 5

Diayat 4 dan 5 menerangkan bahwa Allah telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk. Karena jika dibandingkan dengan makhluk ciptaan Allah lainnya manusia termasuk makhluk yang diciptakan oleh Allah dengan keadaan lebih lengkap atau sempurna.

Sebagai contohnya adalah manusia dengan binatang, manusia diciptakan dengan keadaan cerdas dan memiliki pengetahuan yang luas. Sedangkan binatang diciptakan oleh Allah dengan pengetahuan yang dangkal atau tidak dapat berfikiran yang jauh.

Antara manusia dengan Malaikat, manusia diciptakan oleh Allah dengan penuh hawa nafsu, sedangkan Malaikat tidak memiliki hawa nafsu. Manusia dapat berkembang biak, sedangkan Malaikat tidak berkembang biak. Itulah alasan kenapa manusia dikatakan makhluk yang diciptakan dengan sebaik-baiknya bentuk.

Akan tetapi bagi manusia yang tidak mematuhi perintah yang telah Allah berikan dan tidak mau mengikuti utusan-Nya. Maka tempat kembali bagi manusia yang seperti itu adalah neraka, yaitu tempatnya segala siksaan yang menyakitkan.

Ayat 6 sampai 8

Kemudian diayat 6 sampai 8 masih melanjutkan penjelasan diayat sebelumnya. Yaitu diayat sebelumnya telah menjelaskan tentang tempat kembali bagi orang yang tidak mematuhi perintah Allah dan tidak mau mengikuti utusan-Nya.

Diayat 6 sampai 8 menerangkan bahwa orang yang beriman kepada Allah dan selalu mengerjakan kebaikan (melaksanakan perintah Allah). Maka bagi manusia yang berbuat seperti itu akan diberi pahala yang tiada putusnya oleh Allah.

Lalu apa yang membuatmu (manusia) mendustakan pada hari kebangkitan dan pembalasan, padahal sudah ada bukti tanda kekuasaan Allah? Bukankah Allah menetapkan hari itu untuk memberi keputusan hukum kepada manusia dengan bijaksana.

Nurul Fadilah Seorang penulis konten untuk blog Quranlite.id yang sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Surat At Takatsur

Nurul Fadilah
4 min read

Surat Al ‘Adiyat

Nurul Fadilah
3 min read

Surat Al Bayyinah

Nurul Fadilah
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *