Nurul Fadilah Seorang penulis konten untuk blog Quranlite.id yang sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Surat At Takatsur

Surat At Takasur

Download Surat At Takatsur Mp3 – Tahukah anda di negara Indonesia sudah banyak berdiri pondok pesantren yang mengunggulkan progam tahfidz Al-Qur’an. Progam menghafalkan Al-Qur’an ini bermanfaat bagi umat muslim baik didunia maupun diakhirat.

Oleh karena itu bagi anda yang memiliki anak supaya dimasukkan ke dalam pondok tersebut. Karena selain bermanfaat untuk si anak juga bermanfaat untuk orang tuanya. Ketika diakhirat orang tua akan diberi mahkota yang cahayanya melebihi sinar matahari.

Sebaiknya sejak usia dini anak-anak anda supaya diajarkan untuk membaca Al-Qur’an, salah satu caranya dengan memutarkan murottal Al-Qur’an. Dan kali ini kami membagikan murottal Al-Qur’an surat At Takatsur beserta isi kandungannya.

Pengertian Surat At Takatsur

Terdapat dua golongan surat yang ada di dalam Al-Qur’an yaitu golongan surat Makkiyah dan golongan surat Madaniyah. Adapun surat At Taktsur ini termasuk golongan surat Makkiyah yang menandakan surat ini diturunkan di Kota Mekkah.

Surat At Takatsur diturunkan setelah surat Al kautsar dan dalam bahasa arab surat At Takatsur memiliki arti “Bermegah-megahan”. Dinamakan At Takatsur karena diambil dari penggalan kalimat ayat pertama dalam surat tersebut.

Surat At Takatsur memasuki urutan surat yang ke-102 dalam Al-Qur’an, karena di dalam Al-Qur’an terdapat 114 nama surat. Letak surat At Takatsur berdekatan dengan Surat Al ‘Ashr yaitu terletak pada juz 30 atau sering disebut juz ‘amma.

Surat At Takatsur menjadi salah satu nama surat dengan jumlah ayat yang sedikit yaitu 8 ayat, sehingga surat ini termasuk surat-surat pendek. Surat At Takatsur juga menjadi salah satu materi hafalan surat di sekolahan maupun di tempat mengaji.

Lalu apakah anda sudah hafal dengan surat At Takatsur? Jika belum, sebaiknya anda mulai menghafalkannya dari sekarang. Lalu bagaimana jika belum bisa membaca Al-Qur’an? Belum bisa membaca Al-Qur’an bukan menjadi penghalang untuk menghafalkan Al-Qur’an.

Salah satu solusi bagi orang yang belum bisa membaca Al-Qur’an tetapi memiliki niat untuk menghafalkan Al-Qur’an adalah dengan mendengarkan murottal. Karena jika sering mendengarkan murottal Al-Qur’an maka lama-lama akan mengingat bacaan murottal tersebut.

Dan kali ini selain menuliskan pengertian surat At Takatsur, kami juga membagikan murottal surat At Takatsur mp3 merdu. Anda bisa langsung download surat At Takatsur yang telah kami sediakan dengan gratis dan ada pilihan nada bacaan dari qori’ terbaik.

Tahukah anda di dalam surat At Takatsur menjelaskan tentang perilaku manusia yang saling bermegah-megahan dengan harta dunia. Sehingga membuat manusia lupa akan kewajibannya yaitu untuk beribadah kepada Allah dan mentaati perintah-Nya.

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam tentang penjelasan setiap ayat yang ada di dalam surat At Takatsur. Maka anda bisa membacanya melewati artikel ini, karena kami juga menuliskan isi kandungan surat At Takatsur lengkap mulai ayat 1 sampai 8.

Download Surat At Takatsur

Membaca Al-Qur’an dengan suara yang merdu dan nada bacaan yang indah pasti menjadi keinginan semua orang yang beragama islam. Tetapi tidak semua orang bisa membaca Al-Qur’an menggunakan lagu atau nada yang terdengar indah.

Agar bisa membaca Al-Qur’an dengan suara yang merdu dan nada bacaan yang indah itu membutuhkan proses belajar yang giat. Banyak para qori’ yang melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan suara merdu dan nada bacaan yang indah.

Salah satunya adalah Misyari Rasyid, ternyata seorang qori’ itu tidak hanya yang dewasa saja. Akan tetapi banyak ditemukan qori’ cilik yang memiliki suara merdu dan nada bacaan yang indah, salah satunya adalah Muhammad Thaha Al Junayd.

Banyak sekali orang yang menirukan nada bacaan qori’ cilik yang satu ini, khususnya para penghafal Qur’an. Jika anda juga ingin menirukan nada bacaan qori’ cilik tersebut, anda bisa mendapatkannya dengan cara download surat At Takatsur yang telah kami sediakan.

Ketika anda ingin membaca Al-Qur’an menggunakan lagu, maka tetap harus diperhatikan hukum tajwidnya (panjang pendeknya). Karena jika membaca Al-Qur’an tidak sesuai dengan hukum tajwidnya, maka bacaan itu tidak sempurna.

Jika anda merasa kurang lama durasi murottal surat At Takatsur, maka anda bisa mendownload murottal Surat Al Kahfi yang tersedia pada website Quranlite.id. Bacaan surah Al-Kahfi itu juga dilantunkan oleh para qori’ terkenal dan sedang populer.

Selanjutnya anda bisa langsung mendownload surat At Takatsur berikut ini.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat At Takatsur By Abdullah Al MatroodDownload
Ngaji Surat At Takatsur By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat At Takatsur By Ahmed SaoudDownload
Tilawah Surat At Takatsur By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat At Takatsur By Ahmed Al AjmiDownload
Surat At Takatsur Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat At Takatsur By Fares AbbadDownload
Mp3 Surat At Takatsur By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat At Takatsur By Muhammad Siddiq al-MinshawiDownload
Surat At Takatsur Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Isi Kandungan Surat at Takatsur

Diturunkannya surat At Takatsur ini mengenai dua kabilah Anshar yaitu Bani Haritsah dan Bani Harits yang saling menyombongkan diri dengan harta kekayaannya. Mereka saling bertanya satu sama lain “Apakah kalian memiliki pahlawan yang segagah dan secekatan si anu?”

Dan dua kabilah itu saling menyombongkan dirinya dengan harta kekayaan dan keturunan mereka. Bahkan mereka saling mengajak ke kuburan untuk meyombongkan golongan kepahlawanan mereka yang sudah tiada atau sudah gugur.

Rezeki yang Allah berikan kepada mereka hanya untuk menyombongkan diri mereka sendiri dan mereka lupa untuk beribadah kepada Allah. Sehingga Allah menurunkan surat At Takatsur untuk menegur orang-orang yang hidup dengan bermegah-megahan. Sampai lupa dengan kewajibannya untuk beribadah kepada Allah.

Anda bisa langsung membaca isi yang terkandung di dalam surat At Takatsur lengkap dari ayat 1 sampai 8 berikut ini. Dan anda juga bisa membaca isi kandungan Surat Al Qori’ah yang telah kami sediakan pada artikel sebelumnya.

Ayat 1 sampai 2

Di ayat 1 sampai 2 menjelaskan tentang perilaku manusia yang bermegah-megahan dengan harta dunia. Yaitu karena banyaknya harta kekayaan dan keturunan mereka, sehingga mereka melalaikan kehidupan di akhirat.

Padahal sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al An’am yang artinya “Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?

Kesimpulan dari ayat tersebut diatas adalah kehidupan dunia ini hanyalah sementara tidak kekal. Sedangkan kehidupan akhirat adalah kehidupan yang kekal abadi selama-lamanya. Oleh karena itu sebaiknya kita supaya bisa menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhiratnya.

Kesibukan kalian tidak akan ada habisnya kecuali jika kalian sudah berada di dalam kuburan atau telah meninggal dunia. Jika sudah terjadi hal seperti itu barulah manusia bisa berhenti dengan kesibukan mereka di dunia.

Ayat 3 sampai 5

Ayat 3 sampai 4 menjelaskan bahwa, tidak sepantasnya bagi kalian (manusia) disibukkan dengan mencari harta atau kehidupan dunia. Karena suatu saat kalian pasti mengetahui bahwa kehidupan akhirat itu lebih baik bagi diri kalian (manusia).

Kalian supaya berhati-hati, karena kalian akan mengetahui akibat atas perbuatan kalian karena sibuk dengan urusan dunia. Sehingga kalian melalaikan kewajiban kalian untuk diakhirat nanti, yaitu mengerjakan ibadah kepada Allah dan mentaati perintah-Nya.

Janganlah kalian melakukan perbuatan yang disibukkan dengan kehidupan dunia sehingga melalaikan amalan untuk diakhirat. Seandainya kalian mengetahui yang sebenarnya, maka kalian tidak akan melakukan hal seperti demikian itu.

Jika saat ini anda termasuk orang yang dijelaskan dalam ayat tersebut, yaitu orang yang disibukkan dengan harta dunia dan lupa dengan akhirat. Maka segera ubahlah rutinitas anda untuk menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhiratnya.

Ayat 6 sampai 8

Ayat 6 sampai 8 masih berkaitan dengan ayat sebelumnya yaitu orang yang disukkan dengan harta dunia, mereka akan diperlihatkan neraka jahim. Mereka akan benar-benar melihat neraka jahim dengan mata kepala mereka sendiri.

Setelah melihatnya sendiri tidak akan muncul keraguan lagi di dalam hati kalian, mengenai balasan atas apa yang kalian perbuat (bermegah-megahan dengan harta dunia). Dan pada hari kiamat kalian akan ditanya tentang berbagai macam kenikmatan yang telah Allah berikan.

Yaitu kenikmatan harta dunia yang mereka gunakan untuk bermegah-megahan dan meyombongkan diri mereka sendiri. Mereka akan mendapat balasan yang setimpal atas perbuatan yang telah mereka lakukan yaitu neraka jahim yang dipenuhi dengan siksaan.

Oleh karena itu kita oleh Allah diberi hidup sekali didunia ini supaya benar-benar digunakan dengan sebaik-baiknya. karena kehidupan akhirat itu lebih kekal dan abadi dibandingkan dengan kehidupan dunia yang bersifat sementara.

Nurul Fadilah Seorang penulis konten untuk blog Quranlite.id yang sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Surat Al ‘Adiyat

Nurul Fadilah
3 min read

Surat Al Bayyinah

Nurul Fadilah
4 min read

Surat Al Qadr

Nurul Fadilah
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *