Surat Al Qalam

Download Surat Al Qalam Mp3 – Sudah menjadi sebuah kewajiban umat muslim supaya bisa membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Bagi anda para orang tua supaya mengajarkan bacaan ayat suci Al-Qur’an kepada anak-anak sejak usia dini.

Anda dapat memulainya dengan mengenalkan huruf-huruf hijaiyah yang ada di dalam buku iqra’. Setelah memahami semua isi yang ada di dalam buku iqra’, maka akan lebih mudah bagi si anak dalam hal membaca Al-Qur’an.

Lebih baiknya lagi jika anak-anak usia dini diajarkan untuk menghafalkan Al-Qur’an. Sebab daya ingat anak-anak lebih kuat dibandingkan orang dewasa. Adapun cara menghafalkan Al-Qur’an bagi anak-anak yaitu dengan sering mendengarkan murottal Al-Qur’an.

Pengertian Surat Al Qalam

Surat Al Qalam merupakan salah satu nama surat yang ada di dalam Al-Qur’an yang Allah wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Surat Al Qalam termasuk surat Makkiyah yang menandakan surat ini diwahyukan di Kota Mekkah.

Sebagian besar surat yang ada di dalam Al-Qur’an tergolong surat Makkiyah yaitu seperti surat al haqqah, surat An Naba’, dan sebagainya. Dan sebagian surat yang ada di dalam Al-Qur’an tergolong surat Madaniyah, yaitu seperti surat Al Ma’idah dan surat Al Zalzalah.

Surat Al Qalam terletak pada juz 29, surat Al Qalam termasuk surat yang panjang sebab surat ini memiliki jumlah ayat yang cukup banyak yaitu 52 ayat. Surat Al Qalam memasuki urutan yang ke-68 setelah surat al mulk yang memasuki urutan surat ke-67.

Surat Al Qalam memiliki arti “pena”, dinamakan Al Qalam sebab diambil dari penggalan ayat pertama dalam surat tersebut. Sebagian orang menyebut surat Al Qalam dengan nama “surat Nun” yaitu kalimat yang berada diawal surat ayat pertama.

Apakah anda sudah tahu bagaimana bunyi bacaan surat Al Qalam? Jika belum mengetahui bacaan surat Al Qalam, anda bisa langsung mendownload surat Al Qalam mp3 yang kami sediakan pada artikel ini. Selain mengetahui bacaannya anda juga bisa menirukan nada bacaan tersebut.

Sebab murottal surat Al Qalam yang kami bagikan telah dibacakan oleh beberapa qori terbaik, salah satunya seperti Mishari Rashid. Selain membagikan murottal surat Al Qalam, artikel ini juga menyediakan isi kandungan surat Al Qalam dengan lengkap.

Ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari surat Al Qalam, salah satunya adalah mengajarkan kepada manusia untuk selalu berbuat baik terhadap orang lain. Dan juga menegaskan kepada manusia untuk selalu mensyukuri nikmat yang telah mereka dapatkan.

Telah dijelaskan dalam surat Ibrahim ayat: 7 yang artinya “Sesungguhnya jika kalian bersyukur, maka akan Aku tambah nikmat, dan jika kalian mengingkari nikmat-Ku, maka ingatlah sesungguhnya siksa-Ku sangatlah pedih”.

Download Surat Al Qalam

Selanjutnya kami membagikan surat Al Qalam mp3 yang dapat anda download secara langsung dengan gratis tanpa biaya apapun. Murottal surat Al Qalam yang kami bagikan tersedia pilihan nada bacaan yang dilantunkan oleh para qori terbaik.

Sehingga anda bisa memilih murottal surat Al Qalam dengan nada bacaan yang diinginkan dan disukai. Kebanyakan orang yang mendownload Murottal Quran, termasuk surat Al Qalam mereka adalah orang-orang yang ingin mencari nada untuk membaca Al-Qur’an.

Karena ketika seseorang sering mendengarkan murottal Al-Qur’an dengan nada bacaan yang sama, lama-lama dia akan mengikuti nada bacaan tersebut. Bahkan banyak penghafal Qur’an yang mencari nada untuk membaca Al-Qur’an melewati media.

Salah satu nada bacaan yang sering digunakan oleh penghafal Qur’an khususnya penghafal Qur’an yang masih anak-anak adalah murottal yang dilantunkan oleh Muhammad Thaha Al Junayd. Selain mudah ditiru bacaan Muhammad Thaha sangat lembut dan tenang.

Sewaktu kecil Muhammad Thaha dijuluki sebagai qori’ cilik, sehingga banyak anak-anak yang menyukai nada bacaannya. Selain itu ada pula qori’ cilik yang nada bacaannya tidak kalah merdu dengan Muhammad Thaha Al Junayd, dia adalah Ahmed Saoud.

Untuk mengetahui bagaimanakah nada bacaan para qori’ tersebut, anda bisa langsung mendownload surat Al Qalam yang telah kami sediakan berikut ini. Dan juga tersedia nada bacaan qori’ lainnya yang sama merdu dengan Muhammad Thaha Al Junayd dan Ahmed Saoud.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat Al Qalam By Abdullah Al MatroodDownload
Ngaji Surat Al Qalam By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat Al Qalam By Aziz AliliDownload
Tilawah Surat Al Qalam By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat Al Qalam By Muhammad AyyubDownload
Surat Al Qalam Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat Al Qalam By Ahmed Al AjmiDownload
Mp3 Surat Al Qalam By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat Al Qalam By Salah BukhatirDownload
Surat Al Qalam Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Isi Kandungan Surat Al Qalam

Setelah membagikan surat Al Qalam mp3 dan menuliskan beberapa penjelasan tentang surat Al Qalam. Selanjutnya kami telah menuliskan isi yang terkandung di dalam surat Al Qalam, karena selain mengetahui bacaan surat Al Qalam sebaiknya kita juga mengetahui isi kandungannya.

Di dalam surat Al Qalam menegaskan bahwa Nabi Muhammad SAW bukanlah orang gila. Melainkan seorang yang berbudi luhur dan memiliki budi perkerti yang agung. Penjelasan ini telah dijelaskan dalam surat Al Qalam ayat 1 sampai 7.

Diayat selanjutnya yaitu ayat 8 sampai 16 menjelaskan bahwa Allah melarang hamba-Nya untuk menaati orang-orang yang mendustakan kebenaran. Tahukah anda orang yang mendustakan kebenaran adalah golongan orang-orang kafir yang diancam neraka.

Apabila seseorang mengetahui kebenaran, tetapi dia mendustakannya maka dia dijuluki sebagai orang munafik. Allah sangat membenci orang-orang munafik dan memberi ancaman kepada mereka yaitu siksaan yang sangat menyakitkan.

Diayat 17 sampai 33, menjelaskan nasib yang dialami pemilik-pemilik kebun sebagai contoh orang-orang yang tidak bersyukur terhadap nikmat Allah. Padahal orang yang selalu mensyukuri nikmatnya Allah akan ditambah kenikmatannya.

Sekecil apapun nikmat yang Allah berikan kepada hambanya supaya disyukuri, karena jika dia mau bersyukur akan ditambah yang lebih banyak. Dan jika diberi nikmat sebesar apapun itu juga tetap disyukuri, karena orang yang tidak mau bersyukur diancam api neraka.

Diayat 34 sampai 52 menjelaskan bahwa Allah tidak pernah menyamakan antara orang-orang baik dengan orang yang buruk. Pastinya anda tahu ada banyak sekali perbedaan antara orang baik dengan orang yang buruk, dan Allah tidak pernah menyamakan antara keduanya.

Diayat tersebut juga menegaskan bahwa Al-Qur’an merupakan peringatan bagi seluruh umat. Di dalam Al-Qur’an sangat banyak kisah-kisah teladan yang bisa dijadikan contoh teladan bagi umat muslim dizaman sekarang ini.

Di dalam Al-Qur’an juga banyak menceritakan tentang siksaan yang didapatkan orang-orang yang mendustakan kebenaran. Yaitu seperti kisahnya Fir’aun yang mendustakan agama Allah, bahkan dia mengaku-ngaku sebagai Tuhan. Hal itu dapat dijadikan pelajaran bagi umat muslim saat ini.

Tinggalkan komentar