Surat Al Ma’un

Download Surat Al Ma’un Mp3 – Tahukah Anda setiap umat muslim diwajibkan untuk bisa membaca Al-Qur’an. Sebab dengan membaca Al-Qur’an dapat mendatangkan pahala atau kebaikan yang berlipat ganda dan itu termasuk sunnah dari Rosulallah SAW.

Apakah hari ini anda sudah membaca Al-Qur’an? Apakah anda sudah bisa membaca Al-Qur’an? Jika memang anda belum membaca Al-Qur’an ataupun belum bisa membaca Al-Qur’an, maka belajarlah dari awal yaitu menggunakan buku iqra’.

Walaupun belum bisa membaca Al-Qur’an, setidaknya anda masih bisa mendengarkan murottal Al-Qur’an yang tersedia di media. Apabila belum memiliki murottal Qur’an anda bisa mendownloadnya melalui website kami Quranlite.id.

Pengertian Surat Al Ma’un

Manusia yang hidup di dunia ini memiliki sifat dan kemampuan yang berbeda-beda, kita sebabagi umat muslim supaya memiliki sifat rendah hati dan tidak sombong. Selain itu kita supaya saling bantu membantu terhadap orang yang membutuhkan.

Terlebih lagi bagi orang kaya yang diberi harta melimpah oleh Allah, maka dia supaya mensedekahkan hartanya kepada orang yang tidak mampu. Dengan begitu harta orang kaya itu akan bertambah dan akan lebih barokah dari sebelumnya.

Karena banyak dijumpai orang muslim yang kaya raya, rajin mengerjakan sholat, dan sudah bisa pergi untuk ibadah haji beberapa kali. Ketika mereka dimintai sedekah untuk anak yatim ataupun orang yang tidak mampu, mereka malah pelit atau kikir.

Sifat manusia yang seperti itu supaya dijauhkan dari kita dengan sejauh-jauhnya. Karena Allah telah memberi ancaman bagi orang yang memiliki sifat kikir, padahal dia memiliki harta yang melimpah. Ancaman ini dijelaskan dalam surat Al Ma’un.

Di dalam surat Al Ma’un menjelaskan tentang sifat orang-orang yang tergolong pendusta agama, yaitu riya’ dalam sholatnya (ingin dipuji orang lain). Tidak mau membantu orang yang kesulitan (fakir miskin), dan menindas anak yatim.

Untuk lebih jelasnya anda bisa memahami isi kandungan surat Al Ma’un yang kami sediakan. Selain itu kami juga membagikan surat Al Ma’un mp3 dengan bacaan merdu yang dilantunkan oleh beberapa qori’ terbaik dan sedang populer di akun youtube.

Surat Al Ma’un termasuk dalam kategori surat-surat pendek yang ada di dalam Al-Qur’an, karena surat Al Ma’un memiliki jumlah ayat yang sedikit yaitu 7 ayat. Dinamakan Al Ma’un karena diambil dari penggalan ayat terakhir dalam surat tersebut.

Surat Al ma’un tergolong surat Makkiyah yang berarti surat ini diturunkan di Kota Mekkah. Surat Al Ma’un memiliki arti “Bantuan penting atau Hal-hal berguna”. Surat Al Ma’un terletak pada juz 30 yang berdekatan dengan Surat Al Quraisy dan memasuki urutan surat yang ke-107.

Surat Al Ma’un memiliki hubungan dengan surat selanjutnya yaitu Surat Al Kautsar. Di dalam surat Al Ma’un menerangkan tentang sifat orang-orang pendusta agama. Sedangkan surah Al Kautsar menjelaskan cara menjauhi sifat pendusta agama yaitu dengan cara sholat, berqurban, dan bersyukur.

Download Surat Al Ma’un

Membaca Al-Qur’an menggunakan lagu merupakan salah satu cara menikmati ayat-ayat suci Al-Qur’an. Ada banyak sekali jenis lagu untuk membaca Al-Qur’an diantaranya yaitu bayyati, hijaz, sika, shoba, jiharka, nahawand, dan rost.

Jika anda ingin membaca Al-Qur’an menggunakan jenis lagu tersebut diatas, maka anda supaya belajar kepada ahlinya. Sebab dengan begitu akan lebih mudah untuk mempelajari ilmu tersebut, sehingga akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dan ketika membaca Al-Qur’an menggunakan lagu supaya tetap sesuai dengan hukum tajwidnya atau panjang pendeknya. Karena jika membaca Al-Qur’an tanpa didasari dengan ilmu hukum tajwid, maka bacaan Al-Qur’an itu tidaklah sempurna.

Selain menggunakan jenis lagu hijaz, rost, jiharka, dan sebagainya, anda juga bisa menggunakan lagu atau nada bacaan yang ada pada murottal. Karena tidak sedikit orang yang menirukan nada bacaan ayat suci Al-Qur’an dengan bantuan murottal Al-Qur’an.

Murottal Al-Qur’an juga memiliki berbagai macam nada bacaan, karena setiap bacaan yang dilantunkan oleh qori’ satu dengan yang lain itu berbeda. Salah satu murottal yang sedang populer adalah murottal yang dibacakan oleh qori’ Misyari Rasyid.

Ada beberapa jenis murottal yang ada di media, yaitu murottal versi dewasa, murottal versi anak-anak, dan murottal versi wanita. Pada umumnya murottal yang banyak dibagikan di media adalah murottal versi dewasa seperti misyari Rasyid dan murottal versi anak-anak seperti Ahmed Saoud.

Pada artikel sebelumnya kami telah membagikan murottal surat al kahfi merdu, yang dibacakan oleh para qori’ terbaik. Dan kali ini untuk melengkapi murottal Qur’an pada website Quranlite.id kami membagikan surat Al Ma’un mp3 dengan suara merdu.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat Al Ma’un By  Muhammad Siddiq Al-MinshawiDownload
Ngaji Surat Al Ma’un By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat Al Ma’un By Ahmed Al AjmiDownload
Tilawah Surat Al Ma’un By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat Al Ma’un By Ahmed SaoudDownload
Surat Al Ma’un Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat Al Ma’un By Khalid Al-JalilDownload
Mp3 Surat Al Ma’un By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat Al Ma’un By Fares AbbadDownload
Surat Al Ma’un Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Isi Kandungan Surat Al Ma’un

Selain mengetahui bacaan surat Al Ma’un sebaiknya kita juga mengetahui isi yang terkandung di dalamnya. Anda bisa membaca isi kandungan surat Al Ma’un pada artikel ini, karena kami telah menyediakan isi kandungan surat Al Ma’un lengkap ayat 1 sampai 7.

Dengan mengetahui isi kandunggan surat Al Ma’un akan dapat dijadikan peringatan dan pelajaran bagi umat muslim di zaman sekarang ini. Karena di dalam surat Al Ma’un menjelaskan tentang sifat orang-orang pendusta agama yang harus kita jauhi.

Diturunkannya surat Al Ma’un ini karena pada saat itu orang munafik senang sekali memperlihatkan dirinya sedang beribadah dihadapan orang lain. Tujuan mereka beribadah hanya untuk dipamerkan supaya dirinya dijuluki orang yang ahli ibadah dan orang yang taat.

Padahal ibadah orang munafik itu palsu dan tidak akan mendapatkan apa-apa dihari kiamat, karena mereka ibadah hanya ingin dipuji oleh orang lain. Dan mereka juga tidak mau mensedekahkan hartanya untuk anak yatim dan fakir miskin.

Maka turunlah surat Al Ma’un untuk mengingatkan umat muslim agar tidak memiliki sifat-sifat orang munafik atau sifat pendusta agama. Selanjutnya anda bisa langsung membaca isi kandungan surat Al Ma’un yang ada dibawah ini dengan seksama.

Ayat 1 sampai 3

Ayat 1 sampai 4 berisi pertanyaan Allah kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu “Apakah kamu tahu orang yang mendustakan agama (orang yang mendustakan hari kebangkitan setelah kematian dan mendustakan hari pembalasan)?”.

Mereka adalah orang yang menindas anak yatim yaitu seorang anak yang ditinggal wafat oleh bapaknya. Dan mereka itu orang yang tidak mau membantu fakir miskin, padahal dia seorang yang kaya raya dan memiliki harta yang melimpah.

Kedua sifat tersebut diatas merupakan ciri-ciri orang yang mendustakan agama Allah dan pada hari kiamat mereka akan diberi siksaan yang menyakitkan. Kita sebagai umat muslim supaya selalu berdo’a agar terhindar dari sifat orang yang mendustakan agama Allah.

Ayat 4 sampai 7

Ayat 4 sampai 7 masih melanjutkan ayat sebelumnya yaitu celaka (neraka wail) bagi orang yang sholat, yaitu orang yang lalai dan meremehkan sholatnya. Dia tidak mengerjakan sholat tepat pada waktunya (mengulur waktu sholat), dan tidak menjalankan sholat sebagaimana tuntunannya.

Celaka bagi orang-orang yang riya’ yaitu orang yang selalu memperlihatkan ibadahnya (pamer) kepada orang lain, dengan tujuan agar dipuji. Sebagai orang iman dalam melaksanakan ibadah supaya benar-benar diniatkan karena Allah, bukan karena hal lain.

Sebab suatu amalan yang dikerjakan dengan niat selain karena Allah, maka amalan itu sia-sia dan tidak akan mendapat apa-apa dari sisi Allah. Dan celaka bagi orang yang enggan menolong orang lain dengan barang-barang yang berguna (kikir atau pelit).

Tinggalkan komentar