Surat Al Lail

Surat Al Lail

Download Surat Al Lail Mp3 – Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Al-Qur’an ini diturunkan sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya yaitu kitab Taurat, Injil, dan Zabur.

Kita sebagai umat islam wajib beriman kepada Al-Qur’an, sebab Al Qur’an merupakan firman Allah yang haq. Di dalam Al-Qur’an terdapat 114 surat, ada surat dengan ayat yang panjang, yang sedang dan juga pendek.

Salah satu surat dengan ayat yang sedang yaitu surat Al Lail dengan jumlah 21 ayat. Dan di dalam Al Qur’an ada satu surat yang paling panjang yaitu Surat Al Baqarah dengan jumlah 286 ayat.

Download Surat Al Lail

Surat al lail merupakan salah satu surat yang ada di dalam juz 30 atau sering disebut dengan Juz Amma. Surat ini terdiri dari 21 ayat, dan memasuki urutan surat ke-92 di dalam Al-Qur’an.

Surat al lail memiliki arti “malam” diberi nama Al lail sebab diambil dari penggalan ayat pertama dalam surat tersebut yang berbunyi “وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَىٰ“.

Di dalam surat al lail menerangkan tentang perbedaan kedudukan dan akibat antara orang yang bakhil dengan orang yang dermawan.

Apakah ada yang ingin menghafal surat Al Lail? Perlu anda ketahui menghafal Al-Qur’an merupakan suatu amalan yang dapat mendatangkan pahala.

Termasuk jika anda menghafalkan surat Al lail, maka anda akan mendapatkan pahala. Terlebih lagi jika anda menghafalkan serta memahami isi yang terkandung dalam surat Al lail maka akan bermanfaat.

Dan seorang yang membaca atau menghafalkan Al-Qur’an supaya benar dalam penyebutan lafat huruf tersebut (Makhroj). Dan juga ketika membaca Al Qur’an supaya sesuai dengan tajwidnya.

Setelah mengetahui cara membaca yang benar (mengetahui tajwid dan makhroj) anda baru dapat menggunakan nada atau lagu ketika membaca Al-Qur’an.

Anda bisa mencari Qori’ yang nada suaranya bisa di tirukan melewati internet, lalu mendownloadnya. Dengan seringnya anda mendengarkan Murottal Quran dari qori tersebut, maka lama kelamaan anda akan bisa mengikuti nadanya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan audio murottal surat al lail dari para Qori’ yang memiliki terdengar merdu serta nada bacaannya pun bisa untuk ditiru.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat Al Lail By Abdullah Ali BasfarDownload
Ngaji Surat Al-Lail By Abdullah Al-MathrudDownload
Audio Surat Al-Lail By Abdul Kareem Al-HazmiDownload
Mp3 Surat Al Lail By Abdurrahman As-SudaisDownload
Tilawah Surat Al-Lail By Abu Bakar As-SyathiriDownload
Bacaan Surat Al Lail By Ahmad Ali Al-AjmiDownload
Surat Al-Lail Merdu By Aziz AliliDownload
Lagu Surat Al-Lail By Hani Ar-Rifa’iDownload
Download Surat Al Lail By Maher Al-Mu’aiqlyDownload
Murottal Al-Lail By Mahmood Ali AlbanaDownload
Surat Al-Lail By Muhammad AyubDownload
Audio Al-Lail By Saad Al-GhamidiDownload
Mp3 Al-Lail By Salah BukhatirDownload
Surat Al-Lail By Yasser Al-Dosari (Doussary)Download
Surah Al-Lail By Ziyad PatelDownload

Isi Kandungan Surat Al Lail

Di dalam surat al lail menjelaskan tentang perbedaan kedudukan antara orang yang bakhil dan orang yang dermawan. Dan juga menjelaskan bahwa usaha setiap manusia itu berbeda beda.

Agar anda bisa mengetahuinya secara detail, dibawah ini merupakan penjelasan tentang isi yang terkandung di dalam surat al lail pada setiap ayatnya.

  • Ayat 1 – 3, Berisi tentang sumpah Allah SWT yaitu, Allah SWT bersumpah dengan malam yang gelapnya dapat menutupi bumi. Allah SWT bersumpah dengan siang yang cahayanya dapat menghilangkan gelapnya malam, Allah SWT bersumpah dengan menciptakannya laki laki dan perempuan.
  • Ayat 4, Yang artinya “Sesungguhnya usaha kalian berbeda beda”, dapat disimpulkan bahwa usaha setiap manusia berbeda beda. Ada yang berusaha untuk mencapai dunia dan ada yang berusaha untuk mencapai akhirat.
  • Ayat 5 – 11, Menerangkan tentang perbedaan akibat yang didapatkan oleh orang yang dermawan dengan orang yang bakhil. Di ayat tersebut menjelaskan bahwa orang yang dermawan yaitu orang yang memberikan hartanya dijalan Allah SWT dan percaya bahwa ada pahala yang paling tinggi (surga) akan diberi kemudahan dalam hidupnya. Sebaliknya orang yang bakhil yaitu bakhil dengan hartanya dan mendustakan pahala dari Allah SWT. Maka dia akan diberi kesengsaraan dalam hidupnya, dan ketika dia telah meninggal maka hartanya tidak bermanfaat.
  • Ayat 12 – 16, Menjelaskan bahwa hanya Allah lah yang memberi petunjuk serta dunia dan akhirat adalah milik-Nya. Dan peringatan bagi orang yang mendustakan kebenaran serta keluar dari keimanan, akan dimasukkan kedalam api neraka jahanam.
  • Ayat 17 – 21, menjelaskan bahwa orang yang bertakwa akan dijauhkan dari api neraka. Dan siapa saja yang berbuat kebaikan di dunia dengan niat mencari wajahnya Allah atau ridhonya Allah. Maka di akhirot nanti Allah akan memberikannya Surga.

Asbabun Nuzul Surat Al lail

Beberapa riwayat menerangkan bahwa sebelum surat Al lail diturunkan terdapat Asbabun Nuzulnya (sebab-sebab turunnya surat al lail).

Alkisah seorang pemilik kurma yang bakhil (pelit), Diceritakan bahwa pemilik kurma tersebut memiliki pohon kurma yang mayangnya memanjang hingga ke rumah tetangganya yang fakir.

Dan setiap kali pohon kurma itu berbuah, ia selalu memetiknya dari rumah tetangga. Ketika ada buah kurma yang bejatuhan anak anak tetangga yang fakir itu mengambil lalu memakannya.

Namun si pemilik kurma yang bakhil itu merampasnya kembali, walaupun buah kurma itu sudah dimakan oleh si anak, ia dipaksa untuk mengeluarkan nya kembali dari mulutnya.

Kemudian kejadian ini dilaporkan kepada Rosulallah SAW dan beliau berjanji akan menyelesaikan masalah ini. Lalu Rosulallah SAW mendatangi pemilik kurma dan bersabda:

“Berikanlah kepadaku pohon kurma yang mayangnya menjulur kerumah tetanggamu, dan sebagai gantinya adalah pohon kurma disurga”.

Namun si pemilik kurma menolak tawaran Rosulallah SAW. Tanpa disengaja pembicaraan itu didengar oleh orang yang dermawan lalu ia berkata Apakah tawaran tuan berlaku untukku, apabila pohon kurma itu menjadi milikku?”.

Rosulallah SAW menjawab “ya”, singkat cerita orang dermawan itu mendatangi pemilik kurma untuk membeli pohon kurma yang mayangnya menjulur kerumah tetangganya.

Karena buah yang dihasilkan pohon kurma tersebut sangat lebat, si pemilik kurma memberi persyaratan untuk orang yang mau membelinya. Yaitu menukarnya dengan 40 pohon kurma.

Lalu orang dermawan itu setuju dan meminta sahabatnya untuk menyaksikan bahwa pohon kurma itu sudah menjadi miliknya. Setelah itu orang dermawan memberikan pohon kurmanya kepada Rosulallah SAW.

Dan Rosulallah SAW memberikan pohon kurma itu pada orang fakir dan keluarganya. Lalu turulah surat Al lail yang membedakan akibatnya orang yang dermawan dengan orang yang bakhil.

Surat Al Falaq

Nurul Fadilah
3 min read

Surat An Nas

Nurul Fadilah
3 min read

Surat Al Kahfi

Nurul Fadilah
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *