Nurul Fadilah Seorang penulis konten untuk blog Quranlite.id yang sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Surat Al Insyiqaq

Surat Al Insyiqaq

Download Surat Al Insyiqaq Mp3 – Di zaman modern sekarang ini teknologi semakin canggih, banyak alat canggih yang sudah diciptakan. Salah satu teknologi yang sedang populer adalah teknologi alat komunikasi yang disebut ponsel Android.

Banyak anak muda zaman sekarang yang memiliki HP Android. Walaupun memiliki banyak manfaat, ponsel Android juga memiliki efek negatif. Salah satu efek negatifnya adalah membuat anak malas belajar sekolah maupun mengaji.

Tapi Android juga dapat digunakan untuk belajar sekolah yaitu seperti adanya aplikasi Ruang Guru. Selain itu, Android juga bisa digunakan untuk mengaji yaitu seperti adanya aplikasi Al-Qur’an atau murottal Qur’an yang tersedia di internet.

Pengertian Surat Al Insyiqaq

Pada pertemuan kali ini kami membahas tentang salah satu surat yang ada di dalam Al-Qur’an yaitu surat Al Insyiqaq. Disertai dengan murottal surat Al Insyiqaq bersuara merdu, anda bisa langsung download surat Al Insyiqaq tersebut.

Sebelum membagikan surat Al Insyiqaq mp3 kami akan menuliskan beberapa penjelasan tentang surat tersebut terlebih dahulu. Karena setiap surat yang ada di dalam Al-Qur’an memiliki beberapa perbedaan, yaitu seperti jumlah ayat atau arti dari surat tersebut.

Letak surat Al Insyiqaq berdekatan dengan Surat Buruj, surat Al Insyiqaq memasuki urutan surat yang ke-84 dalam Al-Qur’an. Surat Al Insyiqaq termasuk di dalam juz terakhir dalam Al-Qur’an yaitu berada pada juz 30 atau Juz Amma.

Di dalam Al-Quran ada dua golongan surat, yaitu surat Makkiyah dan surat Madaniyah. Sedangkan surat Al Insyiqaq termasuk golongan surat Makkiyah yang menandakan surat ini diturunkan sebelum Rosulallah SAW hijrah ke Madinah.

Surat Al Insyiqaq diturunkan setelah surat Al Infitar, dan surat Al Insyiqaq memiliki jumlah 25 ayat. Dinamakan Al Insyiqaq karena diambil dari penggalan ayat pertama yang berbunyi “idzassamaa unsyaqqat” yang memiliki kata pokok “Insyiqaq”.

Dalam bahasa arab surat Al Insyiqaq berarti “Terbelah”, di dalam surat tersebut menjelaskan tentang kejadian-kejadian awal pada hari kiamat. Dan disitu manusia akan mengerti bahwa mereka telah berusaha untuk bertemu kepada Allah.

Dan Allah pasti akan menemui mereka orang yang beriman dan selalu berbuat kebaikan. Di dalam surat tersebut juga dijelaskan bahwa pada hari akhir akan ada manusia yang diberi buku catatan amalnya menggunakan tangan kanan.

Adapula orang yang diberi buku catatan amalnya dari belakang atau dari balik punggungnya, mereka adalah orang-orang kafir. Yaitu orang yang selalu berbuat keburukan dan dosa semasa hidup di dunianya.

Di dalam surat Al Insyiqaq ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang buku catatan amal, sehingga surat ini memiliki hubungan dengan Surat Al Mutaffifin. Karena di dalam surah Al Mutaffifin ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang isi didalam buku catatan amal.

Download Surat Al Insyiqaq

Jika Anda sudah membaca sedikit penjelasan tentang surat Al Insyiqaq tersebut diatas. Selanjutnya kami membagikan surat Al Insyiqaq mp3 yang dibacakan oleh beberapa qori terkenal, yaitu seperti Ahmad Saud, Abu Usamah, Misyari Rasyid, dan lainnya.

Bagi Anda yang senang mendengarkan murottal Qur’an dengan nada bacaan anak-anak bisa download surat Al Insyiqaq dari qori’ cilik yang bernama Muhammad Thaha. Karena banyak dijumpai orang yang menirukan nada bacaan qori’ cilik tersebut.

Selain dapat mendownload surah Al Insyiqaq mp3 anda juga bisa mendownload Surat Ar Rahman yang telah disediakan pada website Quranlite.id. Pada website tersebut juga ada banyak murottal surat-surat lainnya yang ada di dalam Al-Qur’an.

Selanjutnya anda bisa langsung mendownload surat Al Insyiqaq dari beberapa qori terbaik berikut ini.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat Al Insyiqaq By Abdullah Al MatroodDownload
Ngaji Surat Al Insyiqaq By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat Al Insyiqaq By Aziz AliliDownload
Tilawah Surat Al Insyiqaq By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat Al Insyiqaq By Muhammad Al MehsyniDownload
Surat Al Insyiqaq Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat Al Insyiqaq By Hani Ar RifaiDownload
Mp3 Surat Al Insyiqaq By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat Al Insyiqaq By Salah Al HashemDownload
Surat Al Insyiqaq Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Isi Kandungan Surat Al Insyiqaq

Tahukah anda setiap surat yang ada di dalam Al-Qur’an memiliki isi kandungan yang berbeda, tetapi ada beberapa surat yang memiliki maksud yang sama. Oleh karena itu anda supaya mengetahui isi yang terkandung di dalam surat Al Insyiqaq.

Karena dengan mengetahui isi kandungan sebuah surat, maka kita dapat mengambil pelajaran atau hikmah yang ada pada surat tersebut. Dan hal itu akan bermanfaat bagi diri kita sendiri, baik di dunia maupun di akhirat.

Terutama bagi anda yang akan menghafalkan surat Al Insyiqaq, selain menghafalkan bacaan surat Al Insyiqaq. Alangkah baiknya jika anda juga bisa menghafalkan arti dari setiap ayat surat Al Insyiqaq.

Dengan begitu daya ingat anda terhadap surat Al Insyiqaq akan lebih kuat. Dan dibawah ini merupakan isi kandungan surat Al Insyiqaq lengkap, mulai dari ayat 1 sampai ayat 25.

Ayat 1 sampai 5

Menerangkan bahwa pada hari kiamat ketika langit terbelah itu karena ia mematuhi perintah dari Tuhannya dan sudah kewajibannya untuk taat kepada Tuhannya. Pada hari kiamat bumi akan diratakan dan gunung-gunung saling bertabrakan satu sama lain.

Bumi akan mengeluarkan semua isinya, sehingga manusia yang telah dikubur akan dibangkitkan kembali oleh Allah. Bumi mengeluarkan manusia itu karena perintah dari Allah, dan sudah kewajiban bumi untuk mematuhi perintah Allah.

Ketika manusia dibangkitkan kembali oleh Allah, maka akan diperlihatkan amal perbuatan mereka semasa hidup di dunia. Dan pada hari itu mereka akan mendapatkan balasan dari Tuhannya, atas perbuatan yang telah mereka kerjakan.

Ayat 6 sampai 9

Diayat 6 sampai 9 menjelaskan bahwa semua amalan manusia baik itu amalan baik maupun amalah buruk akan dimintai pertanggung jawaban. Allah akan membalas perbuatan manusia yang mereka kerjakan dengan seadil-adilnya.

Pada hari akhir setiap manusia akan mendapatkan buku catatan amal, barang siapa yang mendapatkan buku catatan amal dengan tangan kanan. Maka mereka akan melewati hari hisaban dengan mudah dan ringan tanpa rintangan.

Mereka juga akan dipertemukan dengan keluarganya yang ada di dalam surga dengan bahagia. Karena surga merupakan tempat segala kenikmatan yang tidak ada bandingannya dengan tempat manapun. Dan semua kenikmatan yang tidak ada di dunia, ada di dalam surga.

Ayat 10 sampai 15

Diayat 10 sampai 15 menjelaskan tentang kebalikan ayat sebelumnya, yaitu diayat sebelumnya menjelaskan tentang orang yang menerima buku catatan amal dengan tangan kanan. Tetapi di ayat ini menjelaskan tentang orang yang menerima buku catatan amal dari belakang.

Barang siapa yang menerima buku catatan amal dari belakang, yaitu orang yang kafir kepada Allah. Mereka akan celaka dan binasa kemudian mereka akan dimasukkan kedalam neraka jahanam yang penuh dengan segala siksaan yang menyakitkan.

Orang yang mendapatkan balasan seperti siksaan api neraka adalah orang yang ketika hidup di dunia mereka selalu melakukan perbuatan maksiat dan tidak memikirkan apa akibatnya. Padahal Tuhan mereka itu maha melihat atas apa-apa yang telah mereka kerjakan.

Ayat 16 sampai 19

Pada ayat 16 sampai 19 berisi tentang sumpah Allah yang isinya adalah Allah bersumpah demi warna merah ketika senja. Demi malam dan apa-apa yang telah dikumpulkan yaitu berupa serangga-serangga kecil dan binatang-binatang malam lainnya.

Dan demi rembulan ketika purnama, dari situ manusia akan mengalami fase yang berbeda-beda. Yang dimaksud adalah menerangkan tentang asal muasal diciptakannya manusia dan manusia itu diciptakan dari barang yang hina. Jadi manusia tidak sepantasnya berperilaku sombong.

Manusia itu diciptakan dari setetes air mani, kemudian menjadi segumpal darah, lalu segumpal darah itu menjadi segumpal daging. Kemudian Allah meniupkan ruh kedalamnya hingga kematian, kebangkitan, dan pengumpulan kembali disisi Tuhannya.

Ayat 20 sampai 25

Pada ayat 20 sampai 25 berisi tentang pertanyaan yang isinya “Apa yang membuat mereka tidak mau beriman kepada Allah dan hari akhir, padahal sudah dijelaskan ayat-ayat kepada mereka?”.”Dan ketika Al-Qur’an dibacakan mereka tidak mau sujud kepada Allah?”.

Yang menjadi ciri khas orang-orang kafir adalah mereka yang mendustakan dan menyimpang dari kebenaran. Walaupun mereka tidak mengatakan menentang kepada Allah, tetapi Allah tetap tahu bahwa di dalam hati orang kafir ada penentangan.

Bagi orang-orang yang mendustakan Allah akan diberi adzab yang menyakitkan pada hari akhir. Tetapi bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rosulnya, kemudian mereka melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah. Maka bagi mereka pahala yang tidak ada putusnya.

Nurul Fadilah Seorang penulis konten untuk blog Quranlite.id yang sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Surat At Takatsur

Nurul Fadilah
4 min read

Surat Al ‘Adiyat

Nurul Fadilah
3 min read

Surat Al Bayyinah

Nurul Fadilah
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *