Nurul Fadilah Seorang penulis konten untuk blog Quranlite.id yang sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Surat Al Infitar

Surat Al Infitar

Download Surat Al Infitar – Banyak dijumpai anak usia dini yang sudah bisa menghafalkan Al-Qur’an, bahkan mereka bisa melantunkan ayat suci Al-Qur’an menggunakan nada bacaan yang sangat indah dan merdu.

Bagi Anda yang ingin melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan nada bacaan yang indah. Salah satu solusinya adalah dengan sering mendengarkan murottal Qur’an dari para Qori’ terbaik, yaitu seperti Abdurrahman As Sudais.

Karena dengan seringnya mendengarkan murottal Al-Qur’an, lama kelamaan anda akan bisa menirukan nada bacaan tersebut. Jika anda belum memiliki murottal Al-Qur’an anda bisa mendownloadnya pada website kami.

Pengertian Surat Al Infitar

Bagaimanakah perasaan anda ketika mendengar kejadian-kejadian pada hari kiamat yang dijelaskan di dalam Al-Qur’an? Pastinya bagi anda orang yang beriman akan merasa takut ketika mendengar hal tersebut.

Di dalam Al-Qur’an ada banyak penjelasan tentang gambaran yang akan terjadi pada hari kiamat. Tujuan Allah menurunkan ayat tentang hari kiamat adalah sebagai peringatan agar manusia tidak terpedaya, sehingga durhaka kepada Allah.

Namun ketika Rosulallah SAW menyampaikan wahyu kepada umatnya tentang hari kiamat, hanya sebagian saja dari mereka umat yang mau percaya. Dan sebagian yang lain mendustakan atau tidak percaya bahwa hari kiamat itu akan terjadi.

Salah satu surat yang menjelaskan tentang kejadian-kejadian pada hari kiamat adalah surat Al Infitar yang terletak pada juz 30. Di dalam surat tersebut menjelaksan bahwa pada hari kiamat langit akan terbelah, dan manusia yang telah meninggal akan dibangkitkan kembali.

Dan pada saat itulah setiap manusia diperlihatkan amalan yang telah mereka perbuat semasa hidunya, baik itu amalan baik maupun amalan buruk. Mereka juga akan mendapat balasan atas apa-apa yang telah mereka kerjakan.

Surat Al Infitar juga menjadi pelengkap Surat At Takwir, karena kedua surat tersebut menjelaskan tentang kejadian-kejadian pada hari kiamat. Lalu apakah anda mengetahui bagaimana bacaan surat Al Infitar?

Jika belum, anda bisa mendengarkan surat Al Infitar Mp3 yang akan kami bagikan. Anda juga bisa langsung download surat Al Infitar yang dibacakan oleh beberapa qori ternama, yaitu seperti Abdullah Basfar dan Muhammad Ayub.

Secara rinci surat Al Infitar terdiri dari 19 ayat dan surat ini tergolong surat Makkiyah. Dinamakan Al Infitar karena diambil dari penggalan kalimat ayat pertama yang berbunyi “Infatharat” yang artinya adalah ” terbelah”.

Surat Al Infitar memasuki urutan surat ke-82 dalam Al-Qur’an, surat ini diturunkan setelah surat An Naziat. Kedua surat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyah, yang menandakan kedua surat ini diturunkan di Kota Mekkah.

Download Surat Al Infitar Mp3

Bagi anda yang sedang mencari lagu untuk membaca Al-Qur’an, anda bisa download surat Al Infitar yang telah kami sediakan. Anda juga dapat mendownload Surat Ar Rahman, barangkali anda lebih suka mendengarkan surah Ar Rahman dibandingkan surat Al Infitar.

Taukah anda terdapat 2 versi murottal Al-Qur’an yang dibagikan di beberapa media, yaitu murottal versi dewasa dan murottal versi anak-anak. Sehingga anda dapat memilih murottal yang disukai dan yang lebih mudah untuk ditirukan.

Banyak ditemukan anak tahfidz Al-Qur’an yang menirukan nada bacaan dari qori’ cilik yang bernama Ahmad Saud dan Muhammad Thaha. Mereka menganggap nada bacaan kedua qori tersebut terdengar indah dan mudah untuk ditiru.

Selanjutnya kami akan langsung membagikan murottal surat Al Infitar mp3 dari para qori’ terbaik. Anda bisa langsung download surat Al Infitar dengan cara klik link “Download” berikut ini.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat Al Infitar By Abdullah Al MatroodDownload
Ngaji Surat Al Infitar By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat Al Infitar By Aziz AliliDownload
Tilawah Surat Al Infitar By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat Al Infitar By Muhammad AyyubDownload
Surat Al Infitar Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat Al Infitar By Hani Ar RifaiDownload
Mp3 Surat Al Infitar By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat Al Infitar By Salah BukhatirDownload
Surat Al Infitar Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Isi Kandungan Surat Al Infitar

Di dalam surat Al Infitar ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang kejadian pada hari kiamat. Dan pada hari kiamat terjadi tidak ada yang bisa memberi pertolongan, hanya Allah yang dapat memberi pertolongan kepada orang-orang yang dikendaki.

Selain itu di dalam surat Al Infitar juga menjelaskan tentang adanya malaikat yang menjaga dan mencatat seluruh amal perbuatan manusia. Sehinggga hal ini membuat surat Al Infitar memiliki hubungan dengan surah Al Mutaffifin.

Karena didalam Surat Al Mutaffifin terdapat penjelasan tentang buku catatan amal manusia. Agar lebih mudah memahami surat Al Infitar anda bisa langsung membaca isi yang terkandung di dalam surat tersebut.

Ayat 1 Sampai 5

Menerangkan tentang kejadian pada hari akhir yaitu ketika langit rusak tatanannya dan terpecah belah, ketika bintang-bintang berjatuhan, ketika lautan samudera meluap, dan ketika semua kuburan manusia telah dibuka kemudian Allah membangkitkan penghuninya.

Setelah semua peristiwa diatas terjadi maka setiap manusia akan diperlihatkan seluruh amal perbuatan mereka sewaktu hidup didunia. Baik itu amal perbuatan baik ataupun perbuatan buruk, semuanya akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah Tuhan Semesta Alam.

Ayat 6 Sampai 8

Allah berfirman kepada orang yang mendustakan hari kebangkitan yaitu “Wahai manusia, apa yang telah membuatmu durhaka kepada Tuhanmu yang Maha Pemurah?

Bukankah Dia yang telah menciptakanmu dengan susunan tubuh yang sempurna, dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepada dirimu? Dan Dia maha kuasa untuk menjadikan dirimu sesuai dengan yang dikehendaki-Nya.

Ayat 9 Sampai 12

Kalian manusia tidak hanya durhaka kepada Allah, melainkan kalian juga mendustakan hari Pembalasan. Yaitu hari dimana seluruh amal perbuatan manusia semasa hidupnya diperlihatkan, baik amalan baik ataupun buruk.

Karena ada malaikat yang ditugaskan oleh Allah untuk mencatat amal perbuatan manusia, sehingga semua amalan baik maupun buruk akan ditulis tidak ada yang terlewatkan. Nama malaikat pencatat amal baik adalah Rokib, sedangkan malaikat pencatat amal buruk adalah Atid.

Ayat 13 Sampai 16

Berisi bahwa barang siapa yang bertakwa kepada Allah maka akan berada dalam kenikmatan berupa surga. Namun bagi orang yang durhaka kepada Allah, mereka akan berada di dalam neraka jahanam.

Pada hari pembalasan api neraka jahanam akan membakar mereka yang durhaka kepada Allah. Tidak ada satupun dari mereka yang bisa menyelamatkan diri dari siksaan neraka jahanam yang sangat menyakitkan.

Ayat 17 Sampai 19

Berisi pertanyaan yang bebunyi “Apakah kamu tahu apa itu hari Pembalasan?” Lalu dilanjutkan dengan pertanyaan “Apakah kamu ingin mengetahui apa itu hari Pembalasan?”.

Pada hari pembalasan tidak ada satu pun orang yang bisa saling tolong menolong, walaupun itu dengan saudaranya sendiri. Pada hari itu hanya Allah yang maha kuasa atas apa-apa yang terjadi, tidak ada yang bisa menentang-Nya ataupun mengalahkan-Nya.

Nurul Fadilah Seorang penulis konten untuk blog Quranlite.id yang sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Surat At Takatsur

Nurul Fadilah
4 min read

Surat Al ‘Adiyat

Nurul Fadilah
3 min read

Surat Al Bayyinah

Nurul Fadilah
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *