Surat Al Ikhlas

Download Surat Al Ikhlas Mp3 – Banyak dijumpai umat muslim yang tertib membaca Al-Qur’an hanya di bulan Ramadhan saja. Sedangkan di bulan selain Ramadhan jarang sekali dijumpai umat muslim yang membaca Al-Qur’an dengan tertib.

Padahal membaca Al-Qur’an merupakan perintah Allah kepada hamba-hamba-Nya yang beriman, hal ini dijelaskan dalam surat Al Alaq ayat 1 sampai 5. Untuk itu umat muslim dianjurkan membaca Al-Qur’an setiap hari minimal 3 ayat.

Walaupun bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan, tetap saja di bulan lainnya umat muslim supaya rajin membaca Al-Qur’an. Karena dengan rajin membaca Al-Qur’an Allah akan memberi rahmat dan pertolongan bagi orang tersebut.

Pengertian Surat Al Ikhlas

Surat Al Ikhlas merupakan golongan surat Makkiyah yang menandakan surat Al Ikhlas turun di kota Mekkah sebelum Rosulallah SAW hijrah di Madinah. Surat Al Ikhlas memiliki jumlah 4 ayat yang menjadikan surat Al Ikhlas termasuk surat-surat pendek.

Surat Al Ikhlas menjadi salah satu materi hafalan surat anak-anak di sekolah maupun di tempat mengaji. Sehingga banyak sekali anak-anak usia dini yang sudah bisa menghafalkan surat Al Ikhlas dan pastinya anda juga sudah hafal dengan surat tersebut.

Anda bisa membaca surat Al Ihklas menggunakan nada yang indah, tetapi jika anda belum bisa membaca Al-Qur’an menggunakan nada. Maka anda bisa download surat Al Ikhlas mp3 yang akan kami bagikan pada pembahasan berikutnya.

Ketika seseorang sering mendengarkan Murottal Al-Qur’an, termasuk surat Al Ikhlas mp3 dengan nada bacaannya para qori’ yang merdu. Maka lama-lama seseorang itu akan dapat menirukan nada bacaan yang mereka dengarkan tersebut.

Surat Al Ikhlas memasuki urutan surat yang ke-112 dalam Al-Qur’an, dan memiliki arti “Memurnikan keesaan Allah”. Di dalam surat tersebut menjelaskan bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Esa dan tidak ada satu pun mahkluk yang bisa menyamai-Nya.

Di dalam surat Al Ikhlas juga menjelaskan bahwa Allah itu tidak beranak dan tidak diperanakkan yang artinya Allah tidak memiliki anak dan tidak memiliki orang tua. Kita sebagai umat muslim wajib beriman atau percaya dengan keesaan Allah.

Dijelaskan dalam sebuah hadits bahwa Rosulallah SAW bersabda yang artinya: “Pahala sekali membaca surat Al Ikhlas sama seperti membaca sepertiga Al-Qur’an, sehingga ketika membaca surat Al Ikhlas 3 kali maka sama seperti mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an satu kali”.

Itulah salah satu keutamaan membaca surat Al Ikhlas yang sangat utama. Dan jika anda benar-benar ingin mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an sebaiknya dimulai dari awal yaitu dari surat Al Fatihah sampai surat An Nas agar lebih afdhol.

Download Surat Al Ikhlas Full Merdu

Bagi anda yang senang mendengarkan murottal Al-Qur’an, pada kesempatan kali ini artikel kami telah membagikan murottal surat Al Ikhlas. Untuk melengkapi murottal yang anda miliki, tidak ada salahnya jika anda download surat Al Ikhlas yang kami sediakan.

Surat Al Ikhlas yang kami bagikan tersedia pilihan nada bacaan yang dilantunkan oleh beberapa qori’ terbaik. Yaitu seperti Mishari Rashid, Saad Al-Ghamdi, Yasser Al Dossari, Muhammad Taha Al Junayd, dan masih banyak lagi qori’ terbaik lainnya.

Para qori’ tersebut pastinya memiliki suara yang merdu dan nada bacaan yang indah, banyak sekali umat muslim yang mengikuti nada bacaan mereka. Terutama bagi orang-orang yang menghafalkan Al-Qur’an pasti ingin memiliki nada bacaan yang merdu seperti para qori’ terbaik tersebut.

Apakah anda penasaran dengan nada bacaan para qori’ terbaik itu? Anda bisa langsung mengetahui nada bacaan mereka dengan cara download surat Al Ikhlas yang kami sediakan pada artikel ini dengan gratis tanpa biaya apapun.

Namun jika anda termasuk orang yang ingin beajar membaca Al-Qur’an menggunakan nada bacaan para qori’ tersebut. Sebaiknya anda mendownload Surat Al Kahfi yang tersedia pada website ini, sebab surah Al Kahfi memiliki jumlah ayat yang lebih banyak.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat Al Ikhlas By Abdullah Al MatroodDownload
Ngaji Surat Al Ikhlas By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat Al Ikhlas By Aziz AliliDownload
Tilawah Surat Al Ikhlas By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat Al Ikhlas By Muhammad AyyubDownload
Surat Al Ikhlas Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat Al Ikhlas By Hani Ar RifaiDownload
Mp3 Surat Al Ikhlas By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat Al Ikhlas By Salah BukhatirDownload
Surat Al Ikhlas Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Asbabun Nuzul Surat Al Ikhlas

Sama seperti Surat Al Lahab, surat al ikhlas juga memiliki asbabun nuzul atau sebab-sebab diturunkannya surat Al Ikhlas. Surat Al Ikhlas memiliki hubungan dengan Surat Al Falaq dan juga surat An Nas, ketiga surat tersebut sama menjelaskan tentang keesaan Allah.

Adapun asbabun nuzul atau penyebab diturunkannya surat Al Ikhlas adalah untuk menjawab pertanyaan tentang penggambaran sifat-sifat Allah yang Maha Esa. Dalam dakwahnya Rosulallah SAW di kota Mekkah ada banyak sekali ancaman yang sangat berbahaya.

Setelah Rosulallah SAW keluar dari kota Mekkah, beliau melanjutkan dakwahnya menuju kota Madinah. Sama seperti sebelumnya ada banyak ancaman yang menimpa beliau, bahkan banyak sekali orang yang merencanakan pembunuhan kepada Rosulallah SAW.

Ketika itu orang-orang kafir Quraisy berkumpul membuat kesepakatan bahwa “Barang siapa yang berhasil menangkap Nabi Muhammad SAW baik hidup maupun mati akan diberi 100 unta merah, 100 kuda Arab, dan 100 jariyah dari Rum”.

Kemudian ada seorang laki-laki yang bersedia menangkap Nabi Muhammad SAW, dia bernama Suroqoh. Singkat cerita, Suroqoh berhasil mengikuti Rosulallah SAW di kota Madinah, dan dia mengikuti Rosulallah SAW dari belakang.

Ketika berada dibelakang Rosulallah SAW Suroqoh hendak menusuk dari belakang, namun seketika itu Suroqoh terperosok ke dalam bumi. Dan dia meminta bantuan kepada Rosulallah SAW, tetapi Rosulallah SAW pura-pura tidak mendengar dan terus bejalan.

Suroqoh tetap meminta bantuan dan terus memanggil Rosulallah SAW, akhirnya beliau menolong Suroqoh. Setelah selamat Suroqoh tetap melakukan niatnya untuk membunuh Rosulallah SAW, kejadian yang sama seperti sebelumnya pun terjadi kembali.

Lalu Suroqoh meminta bantuan lagi kepada Rosulallah SAW, beliau pun menolongnya kembali. Setelah selamat Suroqoh bersimpuh didepan unta yang dinaiki Rosulallah SAW, dengan mengatakan “Wahai Muhammad beritahu aku tentang Tuhanmu, jika memang Tuhanmu memiliki kekuasaan sehebat itu, apakah Tuhanmu terbuat dari emas atau perak?”.

Ketika itu Rosulallah SAW menundukkan kepalanya dan Malaikat Jibril turun mengirimkan wahyu kepada beliau. Yang isinya adalah surat Al Ihklas ayat 1 sampai 4, yaitu sebagai jawaban dari pertanyaan suroqoh.

Tinggalkan komentar