Nurul Fadilah Seorang penulis konten untuk blog Quranlite.id yang sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Surat Al Fajr

Surat Al Fajr

Download Surat Al Fajr Mp3 – Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu amalan yang di kerjakan oleh Rosulallah SAW. Oleh sebab itu karena kita umatnya Nabi Muhammad SAW, alangkah baiknya jika kita juga memperaktekkan amalan yang dikerjakan oleh beliau.

Dan umat muslim dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an minimal 3 ayat dalam sehari. Lalu apakah hari ini anda sudah membaca Al-Qur’an? Jika sudah, Alhamdulillah. Tetapi jika belum, maka segeralah untuk membaca Al-Qur’an.

Selain menetapi sunnah Rosulallah SAW, membaca Al-Qur’an juga dapat mendatangkan banyak kebaikan. Karena ada sebuah hadist yang menjelaskan bahwa orang yang membaca satu huruf Al-Qur’an akan mendapatkan satu kebaikan yang dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan.

Pengertian Surat Al Fajr

Surat Al Fajr adalah salah satu nama surat yang berada pada juz 30, letak surat ini berdekatan dengan Surat Al Ghasiyah. Kebanyakan surat yang ada di dalam juz 30 menjadi materi hafalan di sekolah ataupun ditempat mengaji, termasuk surat Al Fajr.

Di dalam Al-Qur’an terbagi menjadi 2 golongan surat yaitu golongan surat Makkiyah dan golongan surat Madaniyah. Surat Al Fajr termasuk dalam golongan surat Makkiyah, karena surat ini diturunkan di Kota Mekkah sebelum Rosulallah SAW hijrah ke Madinah.

Surat Al Fajr memasuki urutan surat yang ke-89, karena di dalam Al-Qur’an terdapat 114 nama surat. Di dalam surat Al Fajr terdapat 30 ayat, dinamakan Al Fajr karena diambil dari penggalan ayat pertama dalam surat tersebut.

Dalam bahasa Arab surat Al Fajr memiliki arti “Waktu Fajar”, di dalam surat ini menjelaskan tentang sumpahnya Allah bagi orang-orang kafir. Isi sumpahnya adalah Allah akan memberi adzab kepada orang-orang kafir yang tidak dapat mereka elakka.

Di dalam surat Al Fajr juga menerangkan tentang kisah kaum yang mendustakan Allah, yaitu kaum ‘Aad dan kaum Tsamud. Ada juga penjelasan tentang seseorang melakukan perbuatan syirik yang melewati batas dan menganggap dirinya sebagai Tuhan, dia adalah Fir’aun.

Oleh karena itu, dengan memahami isi kandungan surat Al Fajr akan banyak hikmah dan pelajaran yang dapat diambil. Serta dapat menambah keimanan seseorang terhadap kekuasaan yang dimiliki oleh Allah dan tidak ada yang bisa menandingi-Nya.

Apakah anda tahu bagaimana bacaan surat Al Fajr? Jika belum, anda bisa memutar murottal surat Al Fajr yang kami sediakan. Jika anda menyukai murottalnya anda bisa langsung download surat Al Fajr dari beberapa qori’ terbaik yang kami sediakan.

Surat Al Fajr masih berkaitan dengan Surat Al Balad yaitu di dalam surat Al Fajr menjelaskan bahwa Allah membagi manusia menjadi 2 golongan yaitu ahli surga dan ahli neraka. Sedangkan di dalam surah Al Balad juga menerangkan bahwa Allah membagi manusia menjadi 2 golongan yaitu golongan kanan dan golongan kiri.

Surat Al Fajr juga menjelaskan bahwa Allah memberi kemuliaan kepada orang-orang yang memiliki jiwa tenang. Jika anda ingin lebih memahami isi kandungan surat Al Fajr, anda bisa langsung membacanya pada artikel kami dibawah ini.

Download Surat Al Fajr

Setelah anda mengetahui beberapa penjelasan yang ada di dalam surat Al Fajr diatas, alangkah baiknya jika anda juga mengetahui bacaan surat Al Fajr. Karena kami membagikan murottal surat Al Fajr dari beberapa qori’ terbaik dan yang sedang populer saat ini.

Murottal surat Al Fajr yang kami bagikan ini sangat cocok bagi anda yang sedang mencari lagu untuk membaca Al-Qur’an. Karena lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh para qori’ yang kami bagikan terdengar merdu dan mudah untuk ditiru.

Jika anda merasa bacaan surat Al Fajr kurang panjang, anda bisa mendapatkan Surat Ar Rahman yang terdiri dari 78 ayat. Selain bisa menirukan nada bacaan dari Murottal Qur’an, anda juga bisa mengetahui panjang pendek (Tajwid) dari bacaan murottal al-Qur’an tersebut.

Dengan mendengarkan murottal Qur’an, khususnya surat Al Fajr itu termasuk salah satu cara untuk menikmati ayat suci Al-Qur’an. Oleh karena itu anda bisa langsung download surat Al Fajr dari para qori’ terbaik yang telah kami sediakan berikut ini.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat Al Fajr By Abdullah Al MatroodDownload
Ngaji Surat Al Fajr By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat Al Fajr By Aziz AliliDownload
Tilawah Surat Al Fajr By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat Al Fajr By Muhammad AyyubDownload
Surat Al Fajr Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat Al Fajr By Hani Ar RifaiDownload
Mp3 Surat Al Fajr By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat Al Fajr By Salah BukhatirDownload
Surat Al Fajr Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Isi Kandungan Surat Al Fajr

Setelah anda download surat Al Fajr mp3, anda juga bisa mengetahui isi yang terkandung di dalam surat tersebut. Karena artikel kami telah menuliskan isi kandungan surat Al fajr dengan lengkap dari ayat 1 sampai 30.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan mengetahui isi kandungan sebuah surat yang ada di dalam Al-Qur’an. Termasuk orang yang mengetahui isi kandungan surat Al Fajr akan dapat menambah keimanannya kepada Allah.

Karena di dalam surat Al Fajr ada penjelasan tentang kisahnya Fir’aun yang menentang kebenaran dan dia mengaku sebagai tuhannya manusia. Karena hal itu Allah memberi siksa dengan menenggelamkan Fir’aun dan bala tentaranya dilautan.

Dari sedikit cerita Fir’aun diatas kita dapat mengambil hikmah, bahwa orang yang menentang kebenaran dari Utusannya Allah akan mendapat siksaan. Agar lebih jelasnya anda bisa membaca isi kandungan surat Al Fajr berikut ini.

Ayat 1 sampai 8

Ayat 1 sampai 8 berisi beberapa sumpah Allah dan beberapa pertanyaan Allah kepada hambanya. Isi sumpahnya adalah Allah bersumpah demi waktu fajar, demi 10 malam pertama bulan dzulhijah, demi segala sesuatu yang ganjil dan genap, dan demi malam dengan kegelapannya.

Bukankah sumpah-sumpah tersebut diatas mengandung nasihat yang dapat diterima oleh orang yang mempunyai akal? Sumpah yang Allah firmankan tersebut telah menunjukkan bahwa Allah adalah dzat yang maha kuasa atas segala sesuatu. Allah telah memberi pertanyaan bagi Nabi Muhammad dan kaumnya yaitu,

“Apakah kamu (Muhammad) tidak memperhatikan apa yang telah diperbuat Tuhanmu terhadap kaum ‘Aad. Mereka adalah penduduk iram yang memiliki kekuatan dan bangunan yang tinggi. Bangunan yang mereka miliki (sebuah kota) sepertinya belum pernah didirikan di negara lain?”

Ayat 9 sampai 16

Diayat 9 sampai 16 masih melanjutkan pertanyaan dari Allah yang isinya “Bagaimana yang telah Allah perbuat kepada kaum Tsamud. Yaitu kaumnya Nabi Shaleh yang memotong atau mengukir batu-batu besar dilembah, lalu membangun rumah darinya?”

Dan “Bagaimana yang telah Allah perbuat terhadap Fir’aun seorang raja mesir yang memiliki bala tentara untuk menguatkan pasukannya dan mereka semua patuh terhadapnya?”. Mereka semua akan diberi Adzab oleh Allah atas perbuatan yang telah mereka kerjakan.

Bagi orang-orang yang selau berbuat aniaya terhadap orang lain sehingga menimbulkan banyak kerusakan, mereka juga akan mendapatkan adzab dari Allah. Karena Allah selalu mengawasi siapa yang mendurhakai-Nya, kemudian Allah akan menyiksa mereka.

Orang yang ketika diuji oleh Allah dengan diberi rezeki yan melimpah dan kesenangan lainnya, maka mereka akan berkata “Tuhanku memuliakanku”. Tetapi orang yang diuji oleh Allah dengan diberi rezeki yang terbatas, mereka akan mengatakan “Tuhanku menghinaku”.

Ayat 17 sampai 24

Ayat 17 sampai 24 menjelaskan bahwa, orang yang mulia disisi allah Adalah orang yang selalu taat kepada-Nya. Dan orang yang rendah disisi Allah adalah orang yang selalu berbuat kemaksiatan-Nya. Sedangkan kalian adalah orang yang tidak mau memuliakan anak yatim.

Kalian tidak memberi makanan kepada orang miskin dan kalian memakan harta dengan cara mencampurkan yang halal dengan yang haram. Kalian bahkan mencintai harta dunia dengan sangat berlebihan, sebaiknya kalian jangan seperti ini.

Karena ketika bumi telah digoncangkan maka seluruh alam semesta akan hancur semua beserta isinya. Dan Tuhanmu akan menentukan mahkluk ciptaan-Nya, sedangkan para Malaikat akan berbaris. Dan ketika itu neraka jahannam akan diperlihatkan kepada mereka.

Dan ketika hari itu terjadi orang kafir akan sadar atas perbuatan yang telah mereka kerjakan sewaktu hidup di dunia. Mereka telah menyesali perbuatannya dengan mengatakan “Seandainya ketika di dunia aku mengerjakan amalan yang bermanfaat bagi diriku di akhirat”

Ayat 25 sampai 30

Diayat 25 sampai 30 menerangkan bahwa pada hari yang sulit itu (hari kiamat), tidak ada seorang pun yang sanggup menyiksa seperti adzab yang diberikan Allah kepada yang mendurhakai-Nya. Dan tidak ada satu pun makhluk yang bisa membandingi kekuasaan-Nya.

Dan bagi orang yang memiliki jiwa tenang karena dia selalu berdzikir kepada Allah, bagi mereka telah disiapkan kenikmatan yang besar (surga). Mereka akan kembali kepada Allah dalam keadaan ridho dan penuh dengan kemuliaan.

Allah telah memerintahkan mereka masuk kedalam rombongan hamba-hamba yang shalih. Kemudian Allah memerintahkan mereka untuk masuk kedalam surga bersama rombongan orang yang shalih tersebut. Oleh karena itu kita supaya selalu berdoa agar digolongkan dalam orang yang shalih.

Nurul Fadilah Seorang penulis konten untuk blog Quranlite.id yang sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Surat At Takatsur

Nurul Fadilah
4 min read

Surat Al ‘Adiyat

Nurul Fadilah
3 min read

Surat Al Bayyinah

Nurul Fadilah
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *