Surat Al Bayyinah

Download Surat Al Bayyinah Mp3  – Sebagai umat muslim sudah menjadi kewajibannya untuk membaca dan mengamalkan isi yang ada di dalam Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an merupakan kitab yang berisi petunjuk untuk menuju jalan kebenaran.

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu amalan yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW. Dan kita sebagai umatnya Nabi Muhammad SAW supaya melaksanakan apa yang diamalkan oleh beliau, yaitu selalu membaca Al-Qur’an setiap hari.

Dengan membaca Al-Qur’an akan dapat mendatangkan banyak pahala dan kebaikan yang berlipat ganda. Sama halnya dengan mendengarkan murottal Al-Qur’an juga dapat mendatangkan pahala dan kebaikan yang berlipat ganda.

Pengertian Surat Al Bayyinah

Di artikel kali ini kami akan membahas salah satu nama surat yang ada di dalam Al-Qur’an, yaitu surat Al Bayyinah. Dan kami juga menyediakan murottal surat Al Bayyinah, sehingga bagi anda yang ingin download surat Al Bayyinah bisa langsung disini.

Namun sebelum membagikan murottal surat Al Bayyinah, kami akan membahas sedikit tentang pengertian surat tersebut. Surat Al Bayyinah merupakan nama surat yang terletak pada juz 30 atau sering disebut juz ‘amma, surat ini berdekatan dengan Surat Al Qadr.

Surat Al Bayyinah menjadi salah satu nama surat yang diturunkan ketika Rosulallah SAW hijrah di Kota Madinah. Sehingga surat ini termasuk golongan surat Madaniyah. Karena sebagian besar nama surat yang ada di dalam Al-Qur’an itu termasuk golongan surat Makkiyah.

Surat Al Bayyinah diturunkan setelah surat At Talaq yang terletak pada juz 28, dan surat Al Bayyinah memasuki urutan surat yang ke-98 dalam Al-Qur’an. Dinamakan Al bayyinah karena diambil dari penggalan ayat pertama dalam surat tersebut.

Dalam bahasa Arab surat Al Bayyinah memiliki arti “Pembuktian” dan surat ini memiliki jumlah 8 ayat. Allah telah berfirman di surat Al Bayyinah bahwa semua ajaran Nabi Muhammad itu benar dan agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad adalah agama yang lurus.

Oleh karena itu sebaiknya anda supaya memahami isi yang terkandung di dalam surat Al Bayyinah. Anda dapat membaca langsung isi kandungan surat Al Bayyinah lengkap mulai dari ayat 1 sampai 8 yang tersedia pada artikel ini.

Dengan mengetahui isi kandungan surat Al Bayyinah atau surat apa saja yang ada di dalam Al-Qur’an akan sangat bermanfaat bagi pembacanya. Dan hal itu juga dapat menambah keimanan seseorang terhadap kekuasaan Allah tuhan semesta alam.

Setiap surat yang ada di dalam Al-Qur’an memiliki kaitan satu sama lain, salah satu contohnya yaitu surat Al Bayyinah dengan Surat Al Zalzalah. Di dalam surat Al Bayyinah menjelaskan tentang siapakah orang yang akan diberi balasan baik, dan siapakah yang akan diberi siksaan.

Sedangkan di dalam surah Al Zalzalah menerangkan kapan balasan tersebut datang pada orang-orang yang telah mengerjakannya. Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai surah Al Zalzalah, anda bisa membacanya pada website Quranlite.id.

Download Surat Al Bayyinah

Tahukah anda dengan sering mendengarkan murottal Al-Qur’an, maka dapat memperindah bacaan ayat suci Al-Qur’an. Karena pada setiap murottal ada beberapa pilihan nada bacaan yang dilantunkan oleh para qori’ terbaik dengan suara yang merdu.

Dan setiap qori’ memiliki nada bacaan yang berbeda-beda, salah satunya antara Misyari Rasyid dengan Muhammad Tha Al Junayd.  Keduanya memiliki nada bacaan yang berbeda, akan tetapi keduanya memiliki suara yang terdengar merdu dan indah.

Dengan mendengarkan murottal Al-Qur’an juga bisa menenangkan hati dan menghilangkan pikiran stres. Karena Al-Qur’an merupakan obat penawar bagi segala macam jenis penyakit, yaitu seperti keraguan, kebodohan, penyakit jasmani maupun rohani.

Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al Isra ayat : 82 yang artinya “Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi obat (penawar) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”.

Oleh sebab itu anda supaya rajin membaca Al-Qur’an ataupun mendengarkan murottal Al-Qur’an, karena manfaatnya sangatlah banyak. Dan kami telah membagikan murottal surat Al Bayyinah mp3 yang dilantunkan oleh para qori terbaik.

Anda bisa langsung download surat Al Bayyinah dibawah ini dengan gratis tanpa biaya apapun.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat Al Bayyinah By Fares AbbadDownload
Ngaji Surat Al Bayyinah By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat Al Bayyinah By Maher Al MueaqlyDownload
Tilawah Surat Al Bayyinah By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat Al Bayyinah By Khalid Al JalilDownload
Surat Al Bayyinah Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat Al Bayyinah By Ahmed Al AjmiDownload
Mp3 Surat Al Bayyinah By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat Al Bayyinah By Muhammad Siddiq al-MinshawiDownload
Surat Al Bayyinah Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Isi kandungan Surat Al Bayyinah

Setiap surat yang ada di dalam Al-Qur’an memiliki isi kandungan, baik itu surat yang panjang seperti Surat Al Kahfi ataupun surat yang pendek seperti surat Al Kautsar. Dan setiap surat yang ada di dalam Al-Qur’an saling berkaitan satu sama lain.

Karena di dalam Al-Qur’an itu berisi pembahasan tentang akidah, ibadah atau muamalah, ahklak, hukum, sejarah (kisah umat pada zaman dahulu). Dan Al-Qur’an juga berisi tentang dasar-dasar ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi.

Dengan mengetahui isi kandungan surat yang ada di dalam Al-Qur’an akan dapat memberi beberapa manfaat bagi pembacanya. Yaitu dapat menjadikan kita lebih semangat dalam beribadah, dan dapat menambah ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu sangat penting bagi diri kita untuk mengetahui isi yang terkandung pada setiap surat yang ada di dalam Al-Qur’an. Dan artikel kami telah menyediakan isi kandungan surat Al bayyinah lengkap mulai dari ayat 1 sampai 8.

Ayat 1 Sampai 3

Ayat 1 sampai 3 berisi mengenai orang-orang kafir yang menentang kebenaran yang dibawa oleh utusannya Allah. Orang-orang kafir dari golongan Yahudi dan Nasrani serta orang Musyrik, mereka tidak akan meninggalkan kekafiran mereka terhadap Tuhannya.

Sebelum kamu (Muhammad) mendatangkan kepada orang-orang kafir kitab yang terdahulu, yaitu seperti kitab Taurat, Injil, dan Zabur. Padahal kitab yang telah Aku wahyukan kepadamu (Al-Qur’an) adalah lembaran-lembaran yang disucikan.

Di dalam lembaran-lembaran yang disucikan itu berisi tentang berita-berita yang benar dan perintah-perintah yang adil dari Allah. Dan lembaran-lembaran tersebut (Al-Qur’an) juga berisi kebenaran yang dapat menunjukkan jalan yang lurus dan tidak menyimpang.

Ayat 4 Sampai 5

Ayat 4 sampai 6 menjelaskan bahwa sebelumnya orang Yahudi dan Nasrani tidak berselisih dengan adanya Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah. Kecuali setelah mereka menemukan bukti bahwa Nabi Muhammad adalah Nabi yang dijanjikan dalam Taurat dan Injil.

Kemudian setelah diutusnya Nabi Muhammad SAW kepada mereka. Sebagian dari mereka ada yang beriman dan sebagian yang lain ada yang kufur terhadap kenabian Nabi Muhammad SAW. Padahal mereka tidak perintah kecuali untuk beribadah kepada Allah.

Dan juga untuk memurnikan agama yang lurus, yaitu melaksanakan sholat 5 waktu dan sholat sunnah, serta menunaikan zakat. Agama yang mengerjakan hal seperti itu yang dikatakan agama yang lurus yang dapat menunjukkan jalan untuk masuk surga.

Ayat 6 Sampai 8

Ayat 6 sampai 8 menjelaskan bahwa orang Yahudi, Nasrani, dan orang Musyrik merupakan makhluk yang paling buruk. Tempat kembali mereka adalah neraka jahannam yang dipenuhi dengan segala siksaan yang menyakitkan dan mereka kekal di dalamnya.

Yang dikatakan sebaik-baiknya makhluk adalah orang yang selalu memurnikan agama Allah, mengikuti ajaran utusan-Nya, dan mengamalkan syariat-Nya. Tempat kembali mereka adalah surga yang dipenuhi kenikmatan yang tiada batasnya dan mereka kekal di dalamnya.

Dan dibawahnya surga mengalir beberapa sungai, yaitu sungai air tawar, sungai air madu, sungai air arak, dan sungai air susu. Itulah balasan yang Allah berikan kepada orang yang menjauhi larangan-Nya dan takut kepada-Nya.

Oleh karena itu kita hidup sekali di dunia ini supaya benar-benar digunakan untuk beribadah kepada Allah. Agar kita termasuk dalam golongan orang-orang ahli surga, dan bisa memperoleh kenikmatan yang ada di dalamnya dengan kekal abadi selama-lamanya.

Tinggalkan komentar