Surat Al Ashr

Download Surat Al Ashr Mp3 – Tahukah anda dengan menghafalkan ayat suci Al-Qur’an akan mendapatkan banyak kebaikan. Dan banyak pula keutamaan yang didapatkan dengan menghafalkan Al-Qur’an baik di dunia maupun di akhirat.

Rosulallah SAW bersabda “Akan dikatakan kepada ahli Qur’an (di akhirat): Bacalah dan naiklah, bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia. Karena kedudukanmu tergantung pada ayat terakhir yang engkau baca”. (HR. Abu Daud)

Hadits di atas termasuk keutamaan bagi orang yang hafal dengan ayat suci Al-Qur’an yaitu akan ditinggikan derajatnya di surga. Oleh karena itu sebaiknya mulai dari sekarang kita supaya menghafalkan Al-Qur’an dengan niat karena Allah semata.

Pengertian Surat Al Ashr

Surat Al Ashr merupakan salah satu surat-surat pendek yang terletak pada juz 30, biasanya surat ini dijadikan sebagai do’a sebelum pulang sekolah atau mengaji. Oleh karena itu banyak anak-anak sekolah dasar yang sudah hafal dengan surat tersebut.

Letak surat Al Ashr berdekatan dengan Surat At Takatsur, yang berada pada juz 30 atau juz ‘amma juga. Surat Al Ashr memasuki urutan surat yang ke-103 dalam Al-Qur’an, karena Al-Qur’an itu diawali dengan surat Al Fatihah dan diakhiri dengan surat An Nas.

Di dalam Al-Qur’an ada dua macam golongan surat, yaitu surat Makkiyah dan surat Madaniyah. Sedangkan surat Al Ashr termasuk golongan surat Makkiyah, yang menandakan surat Al Ashr diturunkan di Kota Mekkah sebelum Rosulallah SAW hijrah ke Madinah.

Surat Al Ashr memiliki jumlah 3 ayat, sehingga surat ini termasuk surat terpendek yang ada di dalam Al-Qur’an. Dinamakan surat Al Ashr karena diambil dari kalimat ayat pertama yang ada pada surat tersebut. Arti surat Al ashr adalah Waktu atau Masa.

Sesuai dengan arti suratnya, di dalam surat Al Ashr menjelaskan bahwa manusia supaya menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Karena waktu itu tidak dapat diulang kembali, jadi gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya agar tidak menyesal dikemudian hari.

Tahukah anda bahwa kebanayakan manusia yang hidup di dunia ini adalah orang yang rugi. Karena ada tiga syarat manusia agar tidak dikatakan orang yang rugi yaitu beriman, mengerjakan kebaikan, dan saling menasehati atas kebenaran dan kesabaran.

Apakah  anda sudah memenuhi ketiga syarat tersebut? Jika memang sudah “Alhamdulillah”. Akan tetapi jika belum memenuhi ketiga syarat tersebut, maka kalian supaya berusaha untuk memenuhinya. Agar kalian tidak termasuk orang-orang yang merugi.

Jadi, manusia yang tidak mengisi waktunya dengan perbuatan baik dan bermanfaat, maka dia adalah golongan orang-orang yang merugi. Dan mereka juga akan menyesal atas perbuatan yang telah dilakukannya sewaktu hidup di dunia (perbuatan maksiat).

Apakah anda sudah tahu bagaimana bacaan surat Al Ashr? Jika belum, maka anda bisa memutar surat Al Ashr mp3 yang telah kami sediakan. Anda juga bisa mendownloadnya secara langsung dengan gratis tanpa biaya apapun.

Download Surat Al Ashr

Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi sekarang ini semakin canggih, dan yang sedang populer saat ini adalah alat media. Salah satu alat media yang hampir seluruh warga Indonesia miliki adalah telepon atau HP, khususnya Hp Android.

Banyak dijumpai orang yang berkerja melewati alat media, yaitu seperti jual beli online, membuat blog atau website dan sebagainya. Bahkan alat media juga bisa dijadikan untuk berdakwah atau berbagi ilmu pengetahuan dalam agama islam.

Ada juga orang yang membagikan ilmu bacaan Al-Qur’an melewati alat media, kemudian membagikannya melewati sosial media. Bacaan Al-Qur’an yang dibagikan melewati sosial media yaitu seperti Facebook, Youtube, dan Twiter itu disebut Murottal Quran.

Banyak syeikh-syeikh dari Arab yang membagikan bacaan Al-Qur’an nya melewati sosial media. Dan seperti yang kita ketahui bahwa Al-Qur’an ini diturunkan dalam bahasa Arab, sehingga orang Arab akan lebih fasih dalam membaca Al-Qur’an.

Dan kali ini kami membagikan salah satu murottal surat yang ada di dalam Al-Qur’an, yaitu murottal surat Al Ashr mp3. Yang dibacakan oleh beberapa qori terbaik, khususnya para qori’ atau syeikh dari negara Arab, salah satunya adalah Misyari Rasyid.

Jika anda merasa bacaan surat Al Ashr kurang panjang. Maka anda bisa mendownload mp3 surat yasin yang juga dilantunkan oleh para qori’ terbaik pada website ini. Selanjutnya anda bisa langsung download surat Al Ashr mp3 berikut ini.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat Al Ashr By Abdullah Al MatroodDownload
Ngaji Surat Al Ashr By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat Al Ashr By Ahmed saoudDownload
Tilawah Surat Al Ashr By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat Al Ashr By Muhammad AyyubDownload
Surat Al Ashr Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat Al Ashr By Hani Ar RifaiDownload
Mp3 Surat Al Ashr By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat Al Ashr By Salah BukhatirDownload
Surat Al Ashr Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Keutamaan Surat Al Ashr

Setiap surat yang ada di dalam Al-Qur’an memiliki keutamaannya masing-masing. Dan ada beberapa surat yang memiliki keutamaan lebih yaitu seperti surat Al Mulk, surat Al Baqarah, surat Yusuf, dan Surat Al Fatihah sebagai induknya Al-Qur’an.

Dan kali ini kami telah mengumpulkan informasi dari berbagai media tentang keutamaan surat Al Ashr yang terletak pada juz 30. Dan kami telah merangkumnya menjadi sebuah artikel yang telah kami tuliskan dibawah ini, sehingga anda bisa langsung membacanya.

Namun jika anda sudah mengetahui keutamaan dari sebuah surat, baik itu surat Al ashr, Surat Al Humazah ataupun surat lainnya. Maka supaya selalu ingat bahwa kita membaca Al-Qur’an hanya untuk mendapatkan ridhonya Allah, atau surganya Allah.

Adapun keutamaan itu hanyalah balasan kecil yang Allah berikan kepada si pembaca Al-Qur’an ketika di dunia. Selanjutnya anda bisa langsung membaca keutamaan yang ada pada surat Al Ashr berikut ini yang telah kami sediakan.

Menjaga waktu

Surat Al Ashr berisi sumpah Allah yang membahas masalah waktu, dan tidak hanya surat Al Ashr saja yang membahas masalah waktu. Tetapi surat Al lail (Demi waktu malam), surat Ad Dhuha (Demi waktu dhuha), juga membahas masalah waktu.

Oleh karena itu kita sebagai umat muslim supaya menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Salah satu caranya adalah dengan membaca surat Al Ashr atau memahami isi kandungan surat Al Ashr, dengan begitu kita akan selalu ingat bahwa waktu itu digunakan sebaik-baiknya.

Rosulallah SAW telah bersabda dalam sebuah hadits yang isinya “Barang siapa yang hari sekarang lebih baik dari pada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barang siapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barang siapa yang harinya sekarang lebih jelek dari pada harinya kemarin maka dia terlaknat”

Rosulallah juga menjelaskan dalam sebuah hadits yang isinya jagalah lima perkara sebelum lima perkara yaitu.

  1. Mudamu sebelum datang masa tuamu
  2. Sehatmu sebelum datang masa sakitmu
  3. Waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu
  4. Kayamu sebelum datang miskinmu
  5. Hidupmu sebelum matimu

Menegakan Kebenaran

Di dalam surat Al Ahsr ayat tiga telah menerangkan bahwa orang yang berbuat baik untuk kebenaran, mereka bukanlah orang yang rugi. Dan tahukah anda bahwa menegakkan kebenaran itu tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan.

Orang yang menegakkan kebenaran akan selalu diberi rintangan dan cobaan, yaitu dikisahkan seperti para nabi yang membawa wahyu dari Allah. Mereka diberi cobaan yaitu seperti kaumnya yang tidak mau menerima dakwah yang telah mereka sampaikan.

Untuk itu orang yang menegakkan kebenaran membutuhkan keimanan yang kuat, ilmu yang banyak dan mental yang sehat dan berani. Namun sebelum membenarkan orang lain kita supaya membenarkan diri sendiri dulu barulah orang lain.

Seperti yang difirmankan oleh Allah dalam surat At Tahrim ayat :6 yang artinya “Wahai manusia, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia, dan batu. Dan mereka dijaga oleh malaikat yang keras dan kasar.

Tinggalkan komentar