Surat Al ‘Alaq

Download Surat Al ‘Alaq Mp3 – Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi seluruh umat islam sebagai petunjuk dan penolong bagi mereka. Oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai umat muslim bisa membaca Al-Qur’an.

Selain membaca Al-Qur’an kita juga supaya mengamalkan isi yang ada di dalamnya, yaitu seperti mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Dan sebaiknya membaca Al-Qur’an diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini.

Salah satu caranya adalah dengan mendatangkan guru ngaji dimasjid terdekat atau dirumah secara pribadi. Kita juga supaya sering memperdengarkan murottal Al-Qur’an kepada anak-anak agar mereka merasa senang membaca Al-Qur’an.

Pengertian Surat Al ‘Alaq

Surat Al ‘Alaq termasuk dalam golongan surat Makkiyah, yang menandakan surat ini diturunkan di Kota Mekkah sebelum Rosulallah SAW hijrah ke Madinah. Surat Al ‘Alaq ayat 1 sampai 5 merupakan surat yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Jika anda belum mengetahui bacaan surat Al ‘Alaq, anda bisa mendengarkan surat tersebut melalui website ini. Karena pada kesempatan kali ini kami membagikan surat Al ‘Alaq mp3 yang dilantunkan oleh beberapa qori’ terkenal.

Sebelum membagikan murottal surat Al ‘Alaq, kami akan membahas sedikit ulasan mengenai surat tersebut. Letak surat Al ‘Alaq berdekatan dengan Surat Al Qadr yang terletak pada juz 30 atau juz terakhir dalam Al-Qur’an.

Banyak dijumpai anak sekolah dasar yang sudah hafal dengan surat Al ‘Alaq, karena surat Al ‘Alaq menjadi salah satu materi hafalan surat mereka. Ada dari sebagian anak sekolah dasar yang sudah hafal dengan semua surat-surat yang ada di dalam juz 30.

Disebut surat Al ‘Alaq karena diambil dari penggalan ayat kedua dalam surat tersebut dan surat Al ‘Alaq terdiri dari 19 ayat. Diantara 114 nama surat yang ada di dalam Al-Qur’an, surat Al ‘Alaq memasuki urutan surat yang ke-96 dalam Al-Qur’an.

Surat Al ‘Alaq artinya adalah “Segumpal Darah”, isi pokok di dalam surat tersebut adalah Allah memerintahkan manusia untuk membaca ayat suci Al-Qur’an. Dan menerangkan bahwa manusia itu diciptakan dari segumpal darah dan dari benda yang hina.

Di dalam surat Al ‘Alaq juga menerangkan bahwa Allah menjadikan kalam itu sebagai alat untuk mengembangkan pengetahuan manusia. Serta terdapat ancaman bagi orang kafir yang mencegah manusia untuk melaksanakan perintah-Nya di dalam surat Al ‘Alaq.

Jika anda ingin mengetahui lebih detail tentang isi yang terkandung di dalam surat Al ‘Alaq. Maka anda bisa langsung membaca isi kandungan surat Al ‘Alaq yang telah kami sediakan pada artikel ini dengan lengkap mulai dari ayat 1 sampai 19.

Download Surat Al ‘Alaq

Tahukah anda selain membaca Al-Qur’an dengan mendengarkan Al-Qur’an juga dapat mendatangkan pahala dan kebaikan. Karena hal ini telah dijelaskan di dalam surat Al A’rof ayat : 204 yang artinya;

“Dan ketika Al-Qur’an dibacakan, maka dengarkanlah dan perhatikanlah dengan tenang agar kalian mendapatkan rahmat”.

Dari ayat tersebut dapat diketahui bahwa mendengarkan serta memperhatikan ayat suci Al-Qur’an merupakan amalan besar.

Oleh karena itu bagi anda yang belum terlalu lancar untuk membaca Al-Qur’an, anda bisa mendengarkan murottal Al-Qur’an. Karena keduanya merupakan amalan yang dapat mendatangkan pahala dan kebaikan yang berlipat ganda.

Ada banyak manfaat yang didapatkan dengan mendengarkan murottal Al-Qur’an, yaitu seperti bisa menirukan nada bacaan dari murottal tersebut. Dan juga bisa untuk mengoreksi bacaan diri sendiri, apakah sudah sesuai hukum tajwidnya atau belum.

Pada artikel sebelumnya website kami telah membagikan murottal Surat Al Kahfi merdu yang dibacakan oleh qori’ terbaik. Salah satu qori’ terbaik yang nada bacaannya banyak ditiru oleh para Tahfidz Al-Qur’an adalah Muhammad Thaha Al Junayd.

Dan kali ini kami membagikan murottal surat Al ‘Alaq mp3 yang dilantunkan oleh beberapa qori terkenal. Sehingga anda dapat mendengarkan murottal Al-Qur’an dengan nada bacaan yang disukai. Anda juga bisa langsung mendownloadnya dibawah ini.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat Al ‘Alaq By Abdullah Al MatroodDownload
Ngaji Surat Al ‘Alaq By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat Al ‘Alaq By Aziz AliliDownload
Tilawah Surat Al ‘Alaq By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat Al ‘Alaq By Muhammad AyyubDownload
Surat Al ‘Alaq Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat Al ‘Alaq By Ahmed SaoudDownload
Mp3 Surat Al ‘Alaq By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat Al ‘Alaq By Salah BukhatirDownload
Surat Al ‘Alaq Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Isi Kandungan Surat Al ‘Alaq

Baiklah selanjutnya kami telah menuliskan isi kandungan surat Al ‘Alaq lengkap mulai dari ayat 1 sampai 19. Apakah anda tahu bahwa setiap surat yang ada di dalam Al-Qur’an memiliki isi kandungan yang berbeda-beda, namun memiliki maksud yang sama?

Salah satunya antara surat Al ‘Alaq dengan Surat At Tin, surah At Tin menjelaskan tentang bentuk kejadian manusia bumi. Sedangkan surat Al ‘Alaq menerangkan bahwa manusia itu pada mulanya diciptakan dari segumpal darah dan dengan benda yang hina.

Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui isi kandungan surat yang sedang dibaca. Karena dengan mengetahui isi kandungan surat yang ada di dalam Al-Qur’an dapat menambah keimanan seseorang terhadap Allah dan utusan-Nya.

Dan lebih baik lagi jika bisa mengamalkan isi kandungan surat yang ada di dalam Al-Qur’an, salah satunya mengamalkan isi kandungan surat Al ‘Alaq. Anda bisa langsung membaca isi kandungan surat Al ‘Alaq dibawah ini, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang membacanya.

Ayat 1 sampai 5

Di ayat 1 sampai 5 menjelaskan bahwa Allah perintah kepada Nabi Muhammad SAW untuk membaca kitab yang telah diwahyukan kepada beliau (Al-Qur’an). Perintah ini juga berlaku bagi umat Nabi Muhammad SAW untuk dilaksanakan.

Allah telah menciptakan manusia dari segumpal darah dan dari benda yang hina, sehingga tidak pantas bagi manusia untuk berperilaku sombong. Sifat sombong hanya boleh dimiliki oleh Allah, karena Allah lah yang telah menciptakan alam semesta.

Oleh karena itu bacalah kitab yang diturunkan kepadamu (Muhammad), sebab kebaikan Tuhanmu sangat banyak dan melimpah. Dan Dia (Allah) telah mengajarkan makhluk ciptaan-Nya menulis menggunakan alat berupa pena.

Allah juga mengajari manusia pada apa-apa yang belum mereka ketahui, sehingga Allah memindahkan kegelapan menuju cahaya ilmu. Untuk itu kita supaya selalu mencari ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat karena keduanya bermanfaat bagi diri kita.

Ayat 6 sampai 12

Ayat 6 sampai 12 menegaskan kembali tentang sifat manusia yaitu manusia telah melampaui batas-batas yang Allah berikan. Mereka tidak menyadari bahwa tempat kembali mereka hanya kepada Allah, dan Allah akan membalas setiap amal perbuatan mereka selama hidup di dunia.

Lalu bagaimana pendapatmu (Muhammad) tentang manusia yang melampaui batas yaitu orang yang melarang orang lain untuk mengerjakan ibadah sholat (Abu Jahal)? Padahal orang yang dia (Abu Jahal) larang itu diatas kebenaran, bagaimana bisa dia melarangnya?

Atau dia memerintahkan orang lain untuk bertakwa kepada Allah, apakah dia juga akan melarangnya? Itulah yang difirmankan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pertanyaan sekaligus untuk mengingatkan Nabi Muhammad SAW.

Ayat 13 sampai 19

Ayat 13 sampai 19 masih melanjutkan pertanyaan sebelumnya yaitu “bagaimana pendapatmu (Muhammad), jika orang yang melarang itu mendustakan dan berpaling dari kebenaran?” Apakah mereka berfikir bahwa Allah tidak mengetahui atas apa yang mereka kerjakan?

Ketahuilah, bahwa jika mereka manusia tidak berhenti berbuat hal seperti itu, maka Aku (Allah) akan menarik ubun-ubunnya. Yaitu ubun-ubunnya orang yang mendustakan dan berpaling dari kebenaran lagi durhaka, mereka juga akan mendapatkan adzab dari Allah.

Dan biarkan saja jika mereka memanggil golongannya untuk dimintai pertolongan (berhala), karena kami (Allah) akan mendatangkan malaikat zabaniyah. Wahai Rosulallah, jangan sekali-kali kamu mentaati apa yang mereka perintahkan kepadamu yaitu untuk meninggalkan sholat.

Kita sebagai umatnya Nabi Muhammad SAW jangan sampai sekali-kali meninggalkan sholat. Karena jika hal itu terjadi maka kita termasuk orang-orang yang akan mendapatkan adzab dari Allah kelak diakhirat. Naudzubillah Himindzalik!

Tinggalkan komentar