Surat Al A’la

Download Surat Al A’la Mp3 – Seseorang yang membaca Al-Qur’an setiap hari secara rutin akan mendapatkan keutamaan dari Allah. Apa anda tahu keutamaan bagi orang yang membaca Al-Qur’an?

Orang yang merutinkan dirinya untuk membaca Al-Qur’an setiap hari akan diberi pahala yang berlipat-lipat, derajatnya akan diangkat, mendapatkan pertolongan Allah pada hari kiamat, dan Malaikat akan hadir dirumah orang yang membaca Al-Qur’an.

Lalu apakah hari ini anda sudah membaca Al-Qur’an? Jika belum, maka segeralah untuk membaca Al-Qur’an. Karena dengan membaca Al-Qur’an berarti kita ingat kepada Allah, dan Allah akan mengingat seorang hamba yang ingat kepada-Nya.

Pengertian Surat Al A’la

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat muslim yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW yang diperantarai oleh Malaikat Jibril. Al-Qur’an terdiri dari 114 nama surat, 30 juz, dan bagian juz terakhir dalam Al-Qur’an juga disebut dengan juz amma.

Allah mewahyukan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap yaitu selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Adapun surat yang pertama kali diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW adalah surat Al Alaq ayat 1 sampai 5.

Namun pada kesempatan kali ini artikel kami akan membahas salah satu nama surat yang ada di dalam Al-Qur’an yaitu surat Al A’la. Diantara 114 nama surat yang ada di dalam Al-Qur’an, surat Al A’la memasuki urutan surat yang ke-87.

Dalam bahasa Arab surat Al A’la memiliki arti “Yang Paling Tinggi”, surat Al A’la terdiri dari 19 ayat. Dinamakan surat Al A’la karena diambil dari penggalan ayat pertama yang ada di dalam surat tersebut. Surat Al A’la juga disebut dengan nama surat “Sabbihisma Rabbikal A’la”.

Surat Al A’la termasuk salah satu golongan surat Makkiyah, yang berarti surat ini turun sebelum Rosulallah SAW hijrah ke Madinah. Karena surat yang turun ketika Rosulallah SAW hijrah di Madinah digolongkan dalam surat Madaniyah.

Di dalam kitab Al Jumu’ah telah diriwayatkan oleh Ashhaabul Sunan, dari Nu’man Ibnu Basyir bahwa Rosulallah SAW ketika melaksanakan sholat 2 hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) dan sholat jum’at, Beliau membaca surat Al A’la pada rakaat pertama, Surat Al Ghasiyah pada rakaat kedua.

Selain membagikan tulisan mengenai pengertian surat Al A’la, artikel kami juga membagikan murottal Surat Al A’la mp3 yang dibacakan oleh para qori’ terkenal. Pada artikel sebelumnya kami juga telah menuliskan murottal Surat At Tariq dengan suara merdu.

Sebagai orang islam sudah menjadi kewaiban kita untuk selalu mengerjakan ibadah kepada Allah, salah satunya dengan bertasbih menyebut nama-Nya. Dan perintah Allah untuk bertasbih kepada-Nya telah dijelaskan di dalam surat Al A’la.

Di dalam surat Al A’la juga menjelaskan tentang Allah menciptakan, menyempurnakan, dan menentukan qadar makhluk ciptaan-Nya. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca isi kandungan surat Al A’la yang telah tersedia pada artikel kami.

Download Surat Al A’la

Apakah anda sedang mencari lagu untuk membaca Al-Qur’an? Jika benar, maka tidak salah jika anda memilih untuk menge-klik artikel kami. Karena kami telah membagikan murottal surat Al A’la mp3 yang dilantunkan oleh para qori’ terbaik.

Selain itu anda juga bisa mendapatkan murottal Surat Ar Rahman yang dibacakan oleh para qori’ terbaik dengan suaranya yang merdu. Dengan sering mendengarkan murottal Qur’an maka lama kelamaan anda akan bisa menirukan nada bacaan dari murottal tersebut.

Salah satu qori yang sangat populer di akun youtube adalah Maher Al Mueaqly, beliau memiliki nada bacaan terdengar indah dengan suara yang merdu. Jika ingin mengetahui bagaimana nada bacaan dari qori’ tersebut, anda bisa putar murottal surat Al A’la yang kami sediakan.

Artikel kami tidak hanya membagikan murottal surat Al A’la dari qori’ Maher Al Mueaqly saja, akan tetapi ada banyak pilihan qori’ dengan suara merdu yang lainnya. Sehingga anda dapat memilih nada bacaan dari qori’ yang disukai berikut ini.

Nama Qori’Link Download
Murottal Surat Al A’la By Abdullah Al MatroodDownload
Ngaji Surat Al A’la By Abdur Rahman As-SudaisDownload
Audio Surat Al A’la By Aziz AliliDownload
Tilawah Surat Al A’la By Mishary Rashid AlafasyDownload
Bacaan Surat Al A’la By Muhammad AyyubDownload
Surat Al A’la Merdu By Muhammad Taha Al JunaidDownload
Lagu Surat Al A’la By Hani Ar RifaiDownload
Mp3 Surat Al A’la By Saad al-GhamdiDownload
Download Surat Al A’la By Maher Al MueaqlyDownload
Surat Al A’la Mp3 By Yasser Al DossariDownload

Isi Kandungan Surat Al A’la

Setelah membagikan murottal surat Al A’la mp3 dari beberapa qori’ terbaik tersebut diatas. Selanjutnya kami telah menuliskan isi kandungan surat Al A’la lengkap mulai dari ayat 1 sampai ayat 19, untuk melengkapi artikel ini.

Selain itu mengetahui isi yang terkandung di dalam surat-surat yang ada di dalam al Qur’an, termasuk surat Al a’la. Akan bermanfaat bagi para pembacanya, karena di dalam isi kandungan sebuah surat mengandung pelajaran dan hikmah yang bermanfaat.

Dan bagi orang yang menghafalkan Al-Qur’an selain menghafal bacaan surat Al-Qur’an. Sudah semestinya mereka bisa menghafalkan arti atau mengetahui isi yang terkandung di dalam surat yang sedang di hafalkannya.

Oleh karena itu jika anda sedang menghafalkan surat Al A’la anda bisa memahami atau menghafalkan isi yang terkandung di dalam surat tersebut berikut ini. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membaca isi kandungan surat Al A’la.

Ayat 1 sampai 5

Mulai dari ayat 1 sampai 5 berisi tentang perintah Allah kepada hambanya untuk selalu ingat kepada-Nya dan selalu bertasbih untuk-Nya. Di ayat 1 sampai 5 juga menjelaskan bahwa Allah adalah Tuhan Yang maha Tinggi dan bukti kekuasaannya adalah,

Allah adalah Dzat yang telah menciptakan seluruh makhluk yang ada di alam semesta, lalu Dia menyempurnakan semuanya. Allah juga yang menentukan qadar makhluk ciptaan-Nya, termasuk qadar yang diterima oleh manusia yang di bumi.

Allah memberi petunjuk hanya kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya. Selain itu Allah telah menumbuhkan tumbuh-tumbuhan yang berwarna hijau, tetapi setelah itu Allah menjadikan tumbuhan itu mengering dan berubah warna menjadi hitam.

Ayat 6 sampai 13

Allah telah berfirman kepada Nabi Muhammad SAW di dalam surat Al A’la ayat 6 sampai 13 yang isinya. Kami akan membacakan Al-Qur’an kepadamu (Muhammad) dan kamu tidak akan lupa dengan bacaan tersebut, kecuali jika Aku (Allah) menghendaki.

Sesungguhnya Allah itu mengetahui segala sesuatu yang tampak maupun yang samar, dan Kami telah memudahkan segala urusanmu (Muhammad). Yaitu memudahkan dalam menjalankan tugas-tugas risalah serta memudahkan dalam agamamu.

Oleh karena itu berikanlah peringatan kepada kaummu, bimbinglah mereka menuju jalan kebaikan, karena itu akan bermanfaat bagi mereka. Berikanlah nasihat khusus kepada orang yang benar-benar mau menerimanya (orang iman).

Dan jangan buat dirimu lelah dengan mengingatkan orang yang ketika diingatkan selalu menentang dan menjauh dari kebenaran (orang kafir). Orang yang takut kepada Tuhannya adalah orang yang mau menerima nasihat (orang iman).

Celaka bagi orang-orang yang menjauhi dan menentang kebenaran (orang kafir), mereka akan diberi balasan oleh Allah. Yaitu mereka akan dimasukkan kedalam api yang besar (neraka), mereka tidak akan mati dan tidak hidup di dalamnya.

Ayat 14 sampai 19

Sungguh beruntung bagi orang-orang yang telah membersihkan diri dari perilaku tercela, selalu ingat kepada Tuhannya, dan dia selalu mengerjakan sholat tepat pada waktunya dengan niat untuk mencari ridhonya Allah (orang iman).

Tetapi bagi kalian orang yang mementingkan perhiasan dunia dan kekayaan kehidupan dunia. Ketahuilah bahwa kehidupan dunia ini hanyalah sementara, sedangkan kehidupan akhirat itu kekal abadi selama-lamanya. Oleh karena itu perbanyaklah amal kebaikan untuk bekal ketika di akhirat.

Dan ketahuilah bahwa semua hal yang dikabarkan di dalam surat ini (Surat Al A’la) benar-benar ada di dalam kitab terdahulu. Yaitu kitab yang diturunkan kepada Ibrahim dan Musa, karena ada kitab yang diturunkan sebelum kitab Al-Qur’an.

Tinggalkan komentar